News  

Yandex, Mesin Pencari Rusia yang Bergegas Memasuki Pasar Indonesia – Jurnal Faktual

Realita.id – Seiring dengan dominasi Google, Bing, dan Yahoo sebagai mesin pencari yang telah menjadi bagian integral dari kehidupan digital kita, muncul satu pesaing baru yang siap mengukir namanya di tanah air, yaitu Yandex.

Mesin pencari asal Rusia ini tidak hanya menawarkan fungsionalitas pencarian, tetapi juga menghadirkan beragam layanan teknologi yang mencakup taksi, peta, pendidikan digital, speaker pintar, cloud computing, hingga kecerdasan buatan (AI).

Berdiri sejak tahun 1997, Yandex telah memperluas jangkauannya ke berbagai sektor, termasuk streaming video dan musik.

Keberagaman layanan ini menegaskan bahwa Yandex bukan sekadar mesin pencari, melainkan suatu entitas teknologi yang menjelma menjadi solusi bagi berbagai kebutuhan digital.

Mendekati pasar Indonesia, Yandex tidak hanya bersiap menjadi pesaing dalam hal teknologi pencarian. Baru-baru ini, Yandex resmi mendaftarkan diri sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) di Indonesia, menandai langkah konkretnya untuk berintegrasi dengan regulasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Pencatatan sebagai PSE tidak hanya sekadar formalitas, tetapi juga menunjukkan keseriusan Yandex dalam mematuhi regulasi hukum, keuangan, dan teknologi yang berlaku di Indonesia.

Dalam era di mana keberlanjutan dan kepatuhan menjadi kunci sukses, langkah ini membangun fondasi yang kokoh bagi Yandex untuk beroperasi dengan aman dan berkelanjutan.

Selain itu, Yandex juga memandang penting untuk berkontribusi aktif terhadap ekosistem digital Indonesia.

Dalam upaya tersebut, Yandex bersama Kominfo dan sejumlah universitas telah menggelar kampanye AI. Kampanye ini tidak hanya bertujuan meningkatkan pemahaman tentang kecerdasan buatan, tetapi juga membahas isu-isu etika dan perlindungan data yang terkait.

Sejak akhir tahun lalu, serangkaian seminar telah diselenggarakan di berbagai universitas ternama di Indonesia, seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Pendidikan Indonesia, dan Universitas Padjadjaran.

Dalam seminar ini, ahli-ahli dari Kominfo, Indonesian AI Society (IAIS), serta para akademisi berbagi pengetahuan dan wawasan mengenai AI, menciptakan diskusi yang merangsang pemikiran.

Yandex meyakini bahwa dengan menyebarkan AI secara bertanggung jawab, dapat tumbuh kepercayaan masyarakat terhadap teknologi yang membentuk masa depan. Tak hanya itu, Yandex juga berkomitmen untuk berbagi keahlian dan pengalaman, membuka pintu kerja sama yang berarti dengan berbagai pihak di Indonesia.

Bagi Anda yang ingin menjelajahi alternatif baru dalam dunia pencarian atau ingin mengetahui lebih lanjut tentang berbagai layanan Yandex, jangan ragu untuk mengunjungi situs web resmi Yandex di https://yandex-/.

Di sana, Anda akan menemukan beragam kemungkinan yang ditawarkan oleh mesin pencari yang siap bersaing ini. Yandex, lebih dari sekadar pencari, melainkan penggagas solusi untuk kehidupan digital yang dinamis.