News  

Waspada Penampakan Kuyang di Bogor, Masyarakat dan Pihak Kepolisian Berikan Imbauan Menjaga Keamanan – Jurnal Faktual

Realita.idKetakutan dan kewaspadaan orang tua di Desa Cipenjo, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, meningkat. Perasaan cemas khususnya orang tua yang memiliki bayi di rumah tak terelakkan.

Sebab kampung yang semula tentram menjadi heboh seiring dengan adanya sosok menakutkan. Sosok menakutkan itu tak lain adalah makhluk gaib yang diduga kuyang.

Kabar adanya sosok diduga kuyang beredar luas dan viral di media sosial. Dalam video yang beredar, kuyang tersebut nampak mondar-mandir di depan pintu rumah warga. Dikabarkan, di dalam rumah warga itu ada bayi sehingga kuyang tersebut tertarik untuk masuk.

Kuyang merupakan hantu yang sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia, terutama Kalimantan dengan misteri yang menyelimuti sosok ini.

Masyarakat Kalimantan pada umumnya mempercayai keberadaan kuyang yang hidup berdampingan dengan masyarakat lain. Kuyang ditakuti karena sebagian masyarakat percaya dia memangsa darah anak bayi atau perempuan yang baru melahirkan.

Dengan adanya peristiwa ini, masyarakat dan pihak kepolisian setempat menghimbau agar warga tetap waspada dan menjaga keamanan lingkungan sekitar. Selain itu, penting juga untuk tidak mudah terprovokasi oleh informasi yang belum tentu kebenarannya dan selalu mencari konfirmasi dari sumber yang dapat dipercaya.

Proses Penyelidikan Polisi yang Juga Terjadi di Sulawesi Selatan

Sebuah video tersebut yang menunjukkan adanya sosok diduga poppo atau kuyang juga menggegerkan warga di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Video tersebut menampilkan sosok misterius di atap rumah warga. dan segera menjadi viral di media sosial. Kapolres Gowa AKBP Rheonald Simanjuntak telah mengambil tindakan untuk mengecek kebenaran video tersebut.

“Itu kan selalu harus kami bisa faktakan secara regional dan faktual atau tidak,” kata Rheonald. Rheonald menyebut pihaknya sedang mencari pembuat video sosok diduga kuyang yang belakangan viral di media sosial itu.

Perekam video akan dimintai keterangan terkait hal itu. Rheonald menilai, sosok diduga kuyang itu mesti dicek kebenarannya.

Dia khawatir informasi tersebut membuat warga merasa takut. “Jangan sampai masyarakat lain merasa ketakutan. Jadi kami faktakan dulu persoalannya,” imbuhnya.

Sementara itu, dalam video beredar, tampak sejumlah warga berlarian di sebuah lorong.

Sejumlah warga pun terdengar histeris saat melihat warga lainnya berlarian.

Polisi saat ini tengah mencari sosok perekam video yang kini viral di media sosial. Perekam video sosok diduga poppo tersebut akan dimintai keterangan. “Ya mungkin nanti kami akan panggil dulu ini yang membuat video,” kata Rheonald.

Dengan pengecekan ini, diharapkan dapat memberikan kejelasan dan ketenangan bagi masyarakat.

Selain itu, langkah ini juga penting untuk memastikan bahwa informasi yang beredar di masyarakat adalah informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.