News  

Warda, Bintang Dangdut Masa Depan dari Sumenep, Sabet Juara KDI 2023 – Jurnal Faktual

Realita.id – Sumenep, sebuah kota keris yang terkenal dengan budaya dan seni tradisionalnya, kini menjadi sorotan nasional. Sebab, salah satu wajah muda dari kota ini berhasil meraih prestasi gemilang di Kontes Dangdut Indonesia (KDI) 2023. Warda, mahasiswi Universitas Wiraraja (Unija) Sumenep, berhasil juara KDI dengan menerima Trofi dan uang senilai 350 juta rupiah. Rabu (13/12/2023). 

Warda merupakan anak pertama dari pasangan H. Hosen dan H. Enni. Ia memiliki bakat bernyanyi yang luar biasa sejak kecil. Ia juga aktif dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolahnya, seperti pramuka, rohis, dan paduan suara. Ia bercita-cita menjadi penyanyi dangdut profesional yang bisa menghibur banyak orang.

Sebelum berangkat ke Jakarta untuk mengikuti KDI 2023, Warda mendapatkan restu dan dukungan penuh dari Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo. Bupati tersebut mengungkapkan bahwa ia sangat bangga dengan Warda dan berharap ia bisa sukses seperti Irwan DA. Ia juga memberikan bantuan berupa uang tunai dan perlengkapan untuk mempersiapkan diri Warda.

Warda pun tiba di Jakarta pada tanggal 8 November 2023 bersama dengan tiga kontestan lainnya dari Ogan Ilir (Rani), Wajo (Wiwi), dan Medan (Farhan).  Warda juga mendapatkan dukungan dari ribuan masyarakat Sumenep. 

Pada hari Jumat, 11 November 2023, Warda tampil sebagai kontestan nomor satu di KDI 2023. Ia menyanyikan lagu “Sampai Nanti” yang dinyanyikan oleh Raisa. Penampilannya sangat memukau dan menggetarkan hati penonton. Ia berhasil menunjukkan kemampuan vokalnya yang merdu dan ekspresif. 

Dengan demikian, Warda berhasil lolos ke babak selanjutnya bersama dengan tiga kontestan lainnya dari Ogan Ilir (Rani), Wajo (Wiwi), dan Medan (Farhan). Mereka tampil pada hari Sabtu, 12 November 2023 untuk melaju ke babak final KDI 2023. Dan akhirnya, Warda menyabet juara KDI 2023.

Warda sendiri merasa sangat senang dan bersyukur atas prestasi ini. Ia mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo atas dukungan penuhnya. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar, teman-teman sekelas Unija Sumenep, guru-guru Unija Sumenep, dosen-dosen Unija Sumenep, serta semua orang yang telah membantu dan mendoakan dirinya.

Ia berharap bisa terus berkarya sebagai penyanyi dangdut profesional yang bisa membawa nama baik bagi dirinya sendiri maupun bagi kota keris asalnya. 

Warda juga berharap bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda lainnya untuk tidak menyerah dalam mencapai cita-cita mereka.

Warda adalah contoh nyata bahwa tidak ada halangan yang tidak bisa diatasi jika kita memiliki tekad dan semangat tinggi. Dia adalah bintang dangdut masa depan dari Sumenep.