News  

Visi Elon Musk dan Jeff Bezos untuk Masa Depan Manusia di Luar Angkasa – Jurnal Faktual

Realita.idElon Musk dan Jeff Bezos adalah dua orang terkaya di dunia yang memiliki mimpi besar untuk menjelajahi dan menghuni tata surya. Namun, visi mereka berbeda secara radikal tentang di mana dan bagaimana manusia harus hidup di luar bumi.

Musk ingin mengubah Mars menjadi planet hijau dan ramai, sedangkan Bezos ingin melestarikan bumi dengan memindahkan industri berat dan jutaan manusia ke stasiun luar angkasa raksasa.

Musk, pendiri dan CEO SpaceX dan Tesla, telah lama menyatakan ambisinya untuk membuat manusia menjadi spesies multi-planet dengan mengirim misi berawak ke Mars pada dekade ini.

Ia percaya bahwa Mars adalah tujuan terbaik untuk kolonisasi karena memiliki atmosfer tipis, siklus siang-malam yang mirip dengan bumi, dan ketersediaan air beku di kutub.Ia juga berpendapat bahwa menjadikan Mars sebagai rumah kedua bagi manusia adalah cara untuk mengamankan kelangsungan hidup spesies kita jika terjadi bencana global di bumi.

Untuk mewujudkan visinya, Musk telah mengembangkan roket dan pesawat antariksa yang dapat digunakan kembali, seperti Falcon 9, Falcon Heavy, dan Starship, yang bertujuan untuk mengurangi biaya akses ke luar angkasa secara drastis.

Ia juga telah merancang rencana untuk membuat Mars menjadi lebih ramah bagi kehidupan dengan proses yang disebut terraforming, yaitu mengubah iklim dan lingkungan planet agar lebih mirip dengan bumi.