Sport  

[Update] Info Teco Bicara Kegagalan di Piala AFC, Bali United Alihkan Fokus ke Persib Update 2023

Gagal di AFC Cup, Bali United fokus persipan jelang hadapi Persib Bandung pada Liga 1 pekan ke-23, Senin (18/12/23).

Realita.id- – Bali United masih belum bosan “belajar” alias gagal berprestasi lagi di Piala AFC. Kegagalan musim ini dianggap sebagai modal penting mengejar prestasi di Liga 1 2023-2024, terutama melawan Persib Bandung, Senin (18/12/23).

Bali United sudah tahu gagal lolos sebelum melakoni laga pamungkas kontra Terengganu FC, Rabu (13/12/23). Makanya, Bali United pilih memainkan beberapa nama yang tak jadi starting eleven kontra Dewa United.

Hasil dari rotasi itu pun bisa dilihat. Bali United tak berdaya di Terengganu hingga kalah 0-2. Bali United pun mengakhiri fase grup di peringkat ketiga dengan tujuh poin.

Satu tiket ke babak semifinal zona Asia Tenggara menjadi milik Central Coast Mariners. Sementara Terengganu FC gagal ke semifinal karena posisi runner up terbaik jadi milik wakil Kamboja, Phnom Penh Crown FC.

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, berbicara tentang hal positif yang bisa diambil ketika gagal berprestasi lagi di kompetisi Asia. Bali United pilih move on dan berpikir lagi untuk berprestasi di Liga 1.

“Ini kompetisi penting buat kami punya persiapan bagus di kompetisi Liga 1. Memang kami kecewa karena tidak bisa berlanjut ke fase berikutnya. Tetapi ini menjadi proses buat tim kami,” kata Teco.

Posisi ketiga musim ini mengulang prestasi pada Piala AFC 2022-2023. Pada musim lalu, Bali United yang dipimpin Teco gagal lolos meski sudah menjadi tuan rumah fase grup.

Bali United disingkirkan wakil Malaysia, Kedah Darul Aman. Sebelumnya, pada Piala AFC 2018 lalu, Bali United jadi juru kunci. Dari rentetan kegagalan inilah, netizen menyematkan julukan “Badut Asia” kepada Bali United.

Namun Teco lagi-lagi pilih mengambil hal positif ketimbang mencari alasan terkait kegagalan lolos ke babak semifinal zona Asia Tenggara.

“Tentu pengalaman AFC Cup kami musim ini membantu tim Bali United semakin berkembang di musim ini,” jelas Teco.

Fokus Persib Bandung

Bali United kembali fokus di Liga 1. Ilija Spasojevic dkk. memiliki kans besar untuk masuk babak semifinal bersama Borneo FC, Persib Bandung dan PSIS Semarang.

Pada pekan ke-23 Liga 1, Bali United akan menjamu Persib Bandung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Senin (18/12/23). Bali United bisa tampil lebih bugar karena Eber Bessa dkk. tak dibawa ke Malaysia.

“Kita masih punya waktu sedikit buat persiapan setelah kembali dari Terengganu. Seperti biasa, lawan punya waktu lebih buat mempersiapkan diri,” tutur Teco.

“Kita harus memiliki program recovery yang bagus buat pemain punya tenaga melawan Persib. Kita juga punya satu latihan taktik,” lanjut Teco.

Program recovery menjadi penting karena perjalanan pulang dari Terengganu lumayan melelahkan. Ada beberapa pemain yang berpotensi dimainkan lagi melawan Persib Bandung.

Salah satunya adalah Mohammed Rashid. Pemain asal Palestina ini dimainkan secara penuh dalam laga melawan Terengganu FC. Begitu pula dengan Kadek Arel Priyatna, Ardi Idrus dan Ilija Spasojevic.

“Kita lumayan lama untuk perjalanan pulang dari Terengganu ke Bali. Kemarin, kita keluar dari hotel jam 06.30 pagi dan saya baru sampai rumah di Bali jam 10 malam,” ungkap Teco.

Hasil pertandingan Bali United vs Persib Bandung sangat berpengaruh pada posisi di klasemen Liga 1 2023-2024. Kedua tim saat ini menguntit Borneo FC dengan 40 poin (Bali United) dan 39 poin (Persib Bandung).