Sport  

[Update] Info Prediksi Ranking BWF usai Guwahati Masters Yohanes Saut Meroket, Ginting Turun Update 2023

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting turun ke posisi 4 di ranking BWF. (Foto: Humas PP PBSI)

Realita.id- – Prediksi ranking BWF usai turnamen Guwahati Masters 2023, Yohanes Saut Marcellyno meroket, sementara Anthony Sinisuka Ginting harus turun tahta dari top 3.

Turnamen Guwahati Masters 2023 baru saja tuntas pada Minggu (10/12/23). Indonesia raih satu gelar melalui Yohanes Saut Marcellyno, dan satu runner up dari Alvi Wijaya Chairullah.

Dengan menjuarai ajang Super 100, Yohanes Saut Marcellyno akan mendapat tambahan 5500 poin, sementara Alvi Wijaya Chairullah sebagai runner up mendapatkan 4680 poin.

Saat ini Yohanes Saut bertengger di posisi 179 ranking BWF. Dengan tambahan 5500 poin, ia diprediksi bakal meroket ke peringkat 120 besar, membayangi Christian Adinata.

Namun, selain pencapaian yang baik dari MS Indonesia, ada satu kabar tak sedap karena Anthony Sinisuka Ginting akan mengalami pengurangan poin jelang BWF World Tour Finals.

Dengan pengurangan poin ini, ditambah dengan performa Ginting yang belakangan menurun, praktis posisinya ikut merosot dari peringkat 2 ke peringkat 4 di ranking BWF.

Kodai Naraoka asal Jepang mengkudeta posisi Anthony Ginting di peringkat 2, lalu Li Shifeng asal China membayangi di peringkat 3. Viktor Axelsen masih kokoh di peringkat 1.

Performa yang tidak konsisten juga membuat Jonatan Christie turun dari peringkat 5 ke peringkat 6. Posisinya diambil alih oleh Kunlavut Vitidsarn asal Thailand.

Perubahan juga terjadi di sektor ganda putra. Sistem pengurangan poin jelang World Tour Finals membuat Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan turun ke peringkat 13.

Namun setidaknya ganda putra penerus bisa beranjak naik. Bagas Maulana/M. Shohibul Fikri menduduki peringkat 10, disusul Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin peringkat 11.