Sport  

[Update] Info Prabowo Subianto Kirim Timnas Indonesia U-20 Berlatih di Qatar Update 2023

Realita.id- – Prabowo Subianto berencana membawa  Timnas Indonesia U-20 berlatih di Aspire Academy Qatar. Baginya langkah ini untuk mendukung sepak bola Indonesia.

Prabowo Subianto baru saja membuka turnamen Nusantara Open 2023. Dalam kesempatan ini dirinya turut didampingi oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan juga Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ario Tedjo.

Dalam kesempatan tersebut, Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI, memang mengatakan akan niat Prabowo Subianto yang akan mengirim Timnas Indonesia U-20 berlatih di Qatar.

“Pak Prabowo ingin membantu tim U-20 kita, di bawah coach Indra Sjafri untuk training di Qatar,” kata Erick.

Mendengar ucapan tersebut, Prabowo Subianto pun menilai langkah ini sebagai dukungan dirinya untuk sepak bola Indonesia.

Terlebih Aspire Academy di Qatar merupakan satu dari Academy sepak bola terbaik di dunia.

Selain itu Prabowo juga menilai dengan mengirim Timnas Indonesia U-20 ke Qatar juga sebagai persiapan menuju Piala Dunia U-20 nantinya.

“Ini usaha kita untuk mendorong dan mendukung sepak bola kita,” ujar Prabowo.

Lebih lanjut terkait Piala Dunia U-20, Prabowo juga mengatakan saat ini Indonesia tengah melakukan negosiasi (bidding) kepada penyelenggara kejuaraan tingkat dunia yang akan dihelat 2025 tersebut.

“Kebetulan Presiden Joko Widodo terus berusaha untuk melakukan drawing kepada penyelenggara Piala Dunia U-20. Kita lagi bidding,” jelasnya.

Prabowo pun menuturkan dukungannya terhadap kemajuan sepak bola Tanah Air karena olahraga adalah salah satu cara mengenalkan Indonesia kepada dunia. 

Selain itu, Prabowo juga melihat olahraga sebagai sarana membangun masyarakat yang lebih kuat.

“Bayangkan, di mana lagi, lagu kebangsaan kita dikumandangkan dan negara lain hormat sama bendera kita, kan di ajang olahraga,” jelasnya.

“Jadi ini penting, kita bisa menempatkan Indonesia di dunia, ini untuk memperkenalkan Indonesia,” sambung Prabowo.

Selain bakal mengirim Timnas Indonesia U-20 ke Qatar, Prabowo juga baru saja meresmikan Garudayaksa Football Academy. 

Lokasi ini merupakan satu tempat akademi sepak bola denga fasilitas latihan standar internasional. Bahkan pelatih Shin Tae-yong turut berterima kasih karena melalui kompetisi ini, pemain muda memiliki kesempatan untuk mengasah kemampuannya agar mampu bersaing di ranah yang lebih tinggi.

Shin Tae-yong mengatakan bahwa dia tidak mengetahui Prabowo ternyata memiliki kesenangan dan perhatian besar terhadap sepak bola. Ia berharap, Prabowo juga dapat terus memberikan kesempatan-kesempatan lainnya pada para pemain muda di masa depan.

“Sebelumnya memang ga tau Pak Prabowo senang dengan sepak bola, tapi di kesempatan ini tau (beliau) sangat senang dengan sepakbola. Semoga lebih banyak lagi kesempatan-kesempatan yang diberikan pada pemain-pemain muda,” pungkasnya.