Sport  

[Update] Info Persija Sedang Tertekan di Liga 1, PSS Sleman Juga Punya Masalah Serius Update 2023

Pelatih PSS Sleman, Risto Vidakovic, menilai setiap tim punya masalah seperti halnya Persija Jakarta jelang duel keduanya di Liga 1 2023/2024.

Realita.id- – Pelatih PSS Sleman, Risto Vidakovic, menilai setiap tim punya masalah seperti halnya Persija Jakarta. Ada tiga pilar PSS Sleman yang dipastikan absen pada laga pekan ke-23 Liga 1 2023-2024 di Bekasi, Sabtu (16/12) malam.

Persija dalam situasi tertekan menuju laga melawan PSS Sleman. Mereka sudah tak meraih kemenangan dalam tiga partai terakhir, termasuk ditahan Persita Tangerang 1-1 di GBK.

Persija Jakarta sebagai salah satu tim dengan budget besar di Liga 1 gagal memperbaiki posisi. Tim Macan Kemayoran masih tertahan di peringkat ke-8 dengan 29 poin.

Situasi tersebut tak dianggap Risto Vidakovic sebagai sebuah keuntungan. Meski sukses membawa PSS bangkit dalam dua laga kandang terakhir, PSS juga punya masalah jelang laga melawan Persija.

Ada tiga pemain PSS yang dipastikan absen melawan Persija. Ketiga langganan tim inti yang absen adalah Nurdiansyah, Hokky Caraka dan Jihad Ayoub.

Hokky dan Nurdiansyah absen karena akumulasi kartu kuning. Sementara Jihad Ayoub masih butuh waktu untuk memulihkan cedera hamstring yang didapat saat melawan PSIS Semarang.

“Kita tidak pernah tahu, di sepak bola terkadang kita bermain bagus meskipun dalam tekanan, tapi terkadang kita juga tidak bermain bagus, jadi saya tidak tahu bagaimana mereka (Persija) merespon itu,” ujar Risto, Jumat (15/12/23).

PSS menyelesaikan masalah tentang absennya tiga pilar penting dengan tenang. Risto cukup yakin dengan nama-nama yang sudah dipersiapkan pada masa latihan sebelum berangkat ke Bekasi.

“Bagi saya yang terpenting adalah tim PSS siap dan kita sudah mempersiapkan itu. Kita akan mencoba untuk memberikan yang terbaik dan semoga kita mendapatkan hasil yang bagus di pertandingan ini,” tutur Risto.

Masalah lain yang dihadapi Persija adalah lini depan. Ketika sudah meminjam mahal Gustavo Almeida dari Arema FC, bomber Brasil malah harus absen karena cedera.

Risto menilai Persija pastinya sudah menemukan opsi terkait absennya seorang pemain. Dalam tiga partai terakhir, Persija sukses mencetak empat gol meski juga kebobolan empat gol.

“Kamu tahu sebenarnya kami mempunyai masalah yang sama. Setiap kali bertanding PSS sulit untuk bermain secara lengkap. Terkadang ada pemain yang mengalami hukuman, cedera, dan kami harus membuat tim baru untuk pertandingan,” papar Risto.

“Sebenarnya ini adalah hal yang biasa di sepak bola. Saya pikir kami akan menemukan solusi untuk itu. Jika mereka tidak memiliki striker, pasti akan ada striker lain yang siap menggantikan di tim,” sambung Risto.

I Nyoman Ansanay, Kim Kurniawan dan Ajak Riak punya potensi besar dimainkan dari menit pertama. Nyoman Ansanay sudah kerap dimainkan sejak pramusim Liga 1 2023-2024 sebagai bek tengah dan bek kanan.

Risto meyakini para pemain yang dipercaya bisa menampilkan performa terbaik. PSS ingin kembali mendapatkan poin sebagai modal memperbaiki posisi di klasemen Liga 1.

“Kami hanya mengkhawatirkan masalah kami. Kita coba untuk menggantikan pemain yang tidak tersedia di laga ini. Saya yakin 100 persen pemain yang menggantikan akan menjalankannya dengan baik,” tegas Risto.

Saat ini, PSS Sleman berada di urutan ke-12 dengan 26 poin. Situasi ini belum aman dari zona degradasi karena selisih poin antarklub sangat ketat.

40 poin menjadi angka yang coba dikejar agar aman dari zona degradasi ke Liga 2 2024-2025. Dalam setiap edisi Liga 1, tim bakal aman dari jerat degradasi ketika sudah mengoleksi 40 poin.