Sport  

[Update] Info Performa Gilbert-Guevara Puaskan Pelatih Arema FC, Situasi Bek Mali Kian Ruwet Update 2023

Pelatih Arema FC, Fernando Valente. Foto: MO Arema FC.

Realita.id- – Arema FC harus menelan pil pahit saat dikalahkan Persik Kediri dengan skor 0-1 dalam Derby Jatim pada pekan ke-20 Liga 1 2023/2024.

Gol tunggal Anderson Nascimento membuat Persik membawa pulang 3 poin dari laga yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali, Senin (27/11/23).

Terlepas dari itu, Fernando Valente mengaku cukup puas dengan performa dua pemain asing barunya yang langsung mendapat kesempatan debut di Liga 1.

Gelandang kebangsaan Kolombia, Julian Guevara, tampil selama 90 menit dan mampu membuat lini tengah permainan tim berjulukan Singo Edan solid.

“Julian Guevara pemain bagus, cepat beradaptasi dan sangat pintar. Dia punya banyak waktu saat mengisi lini tengah,” ucap pelatih Arema FC tersebut.

Sayang, pelatih asal Portugal itu gagal melihat performa terbaik dari rekrutan baru lainnya, Gilbert Alvarez. Pasalnya, striker asal Bolivia hanya tampil 5 menit saja.

Gilbert yang diproyeksikan menjadi pengganti Gustavo Almeida, baru tampil pada menit 85 saat menggantikan peran Dedik Setiawan di lini serang.

“Gilbert baru gabung dua hari terakhir, jadi dia butuh banyak waktu. Tapi saya berharap dia lebih agresif, membantu tim melalui gol,” harap Valente.

Faktor itulah yang membuat Fernando Valente semakin optimistis untuk menyelamatkan Arema FC dari ancaman degradasi dengan 14 laga tersisa.

“Kami akan terus belajar dan menjalani proses ini. Tentu, target yang kami ingin capai adalah membawa tim ini lolos degradasi,” tandas ayah Ze Valente tersebut.

Situasi Bek Mali

Di sisi lain, situasi Ichaka Diarra semakin ruwet di skuad Arema FC. Bek kebangsaan Mali itu tampaknya tinggal menunggu waktu untuk dicoret.

Pasalnya, Arema FC sudah memastikan 6 pemain asing yang berlaga pada putaran kedua Liga 1 musim ini. Semuanya tampil saat melawan Persik Kediri.

Julian Schwarzer (Filipina) tetap diandalkan di bawah mistar gawang. Lini belakang dibentengi Charles Raphael Almeida (Brasil).

Sementara Ariel Lucero (Argentina) dan Julian Guevara (Kolombia) solid di lini tengah, menunjang kinerja Charles Lokoli Ngoy (Australia) dan Gilbert Alvarez (Bolivia).

“Kami patuh terhadap regulasi pemain asing yang ditetapkan, yakni 6 pemain yang didaftarkan,” ungkap General Manager Arema FC, Yusrinal Fitriandi.

“Jadi untuk memenuhi 6 pemain asing, maka satu nama harus dicabut (dari pendaftaran). Kita tunggu sampai akhir bulan nanti,” sambung dia.

Keruwetan lalu timbul bagi Arema FC, jika mendepak Ichaka Diarra. Pasalnya, kontraknya masih aktif hingga Juli 2024 mendatang.

Ada indikasi, Arema FC keberatan soal nominal kompensasi jika memutus kontraknya. Opsi peminjaman tengah dipertimbangkan, namun belum ada klub yang mau menampungnya.