Sport  

[Update] Info Nasib Miris Persipura Jayapura 2 Musim Beruntun Gagal Balik Promosi ke Liga 1 Update 2023

Skuad Persipura jelang laga menghadapi Persiba Balikpapan dalam lanjutan Liga 2 di Stadion Mandala, Kota Jayapura.

Realita.id- – Persipura Jayapura telah dipastikan gagal melangkah ke babak 12 besar Liga 2 Indonesia 2023/24. Satu tiket terakhir di Grup 4 disegel Persipal Palu usai menang dua gol tanpa balas atas Kalteng Putra, Selasa (5/12/23).

Kemenangan Persipal atas Kalteng Putra memang seketika membuyarkan asa Persipura untuk lolos ke babak 12 besar play-off Liga 2 2023/24. 

Dengan kemenangan itu, Persipal telah mengumpulkan 18 poin yang secara otomatis tak bisa lagi dikejar oleh Persipura yang mengoleksi 14 poin, meski masih tersisa satu pertandingan terakhir.

Untuk kedua kalinya secara beruntun pasca terdegradasi ke Liga 2 pada 2022, tim pengoleksi empat gelar juara Liga Indonesia itu gagal kembali ke kasta tertinggi.

Musim lalu, Persipura yang sedang memimpin klasemen wilayah timur harus rela mengubur mimpi karena kompetisi terhenti di tengah jalan gara-gara terdampak Tragedi Kanjuruhan.

Musim ini, 2023/2024, tim Mutiara Hitam juga gagal pulang ke habitatnya setelah sempat terseok-seok hingga putaran kedua penyisihan Grup 4.

“Kalau tidak lolos, itu kehendak Tuhan. Kami tetap semangat. Mungkin saat ini belum bisa naik ke Liga 1,” kata Manajer Persipura Jayapura, Abisai Rollo, kepada redaksi berita olahraga Realita.id, Selasa (5/12/23).

“Tapi, kami berharap bisa tetap bertahan di Liga 2. Semoga tahun depan kami bisa kembali berjuang untuk masuk ke Liga 1,” cetusnya. 

Sejak masih dilatih Tony Ho, Yustinus Pae dkk. hanya mampu meraih satu kemenangan, lima kali imbang, dan sekali kalah. Hasil tersebut sempat membuat Persipura terjerembab di posisi juru kunci klasemen Grup 4.

Setelah tongkat kepelatihan beralih ke Ridwam Bauw, Persipura tidak langsung menuai hasil positif. Mereka kalah dua kali secara beruntun dari Persiba Balikpapan dan Persipal Palu.

Persipura akhirnya bisa memperbaiki posisi setelah mendapatkan dua kemenangan atas Sulut United dan Persewar Waropen di Stadion Mandala. 

Namun, situasi tersebut sudah terlambat. Meski naik ke peringkat empat, poin yang mereka kumpulkan tak bisa mengejar jumlah poin Persipal Palu.

Persipura Jayapura kini tinggal menanti siapa calon lawan di play-off degradasi bersama 15 tim dari masing-masing grup Liga 2 2023/24.