Sport  

[Update] Info Menakar Peluang Anthony Ginting Lolos Grup Neraka BWF World Tour Finals Update 2023

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting di podium BWF World Tour Finals (WTF) 2022 bersama Viktor Axelsen. (Foto: PBSI)

Realita.id- – Menakar peluang Anthony Sinisuka Ginting lolos grup neraka BWF World Tour Finals, apakah Merah Putih bisa menempatkan wakilnya di babak semifinal?

Drawing pembagian grup BWF World Tour Finals 2023 baru saja dihelat pada Senin (11/12/23) malam. Dari sektor tunggal putra, ada satu hal yang cukup mengkhawatirkan.

Anthony Ginting tergabung di Grup A bersama sejumlah lawan berat yang selama ini menjadi batu sandungannya, mulai dari Viktor Axelsen, Shi Yuqi, dan Kodai Naraoka.

Sementara Jonatan Christie tergabung di Grup B dan lawannya sedikit lebih longgar. Jojo akan menghadapi Li Shifeng, Anders Antonsen, serta Kunlavut Vitidsarn.

Dua pemain dengan poin terbanyak di grup akan lolos ke babak semifinal BWF World Tour Finals. Berikut head to head Anthony Ginting dan pesaingnya di Grup A.

1. Viktor Axelsen

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Viktor Axelsen adalah penguasa di sektor tunggal putra. Sudah beberapa tahun ia menduduki posisi teratas di ranking BWF, tanpa ada satu pun pemain yang bisa menggesernya.

Sejauh ini Anthony Ginting hanya bisa membayangi Viktor Axelsen di peringkat kedua, namun belakangan performanya ikut menurun dan terpeleset ke peringkat empat.

Sejak pertama kali bertemu di tahun 2017, Anthony Ginting dan Viktor Axelsen sudah bertemu dalam 16 partai resmi. Tunggal putra Indonesia menang 4 kali atas wakil Denmark.

Namun, itu adalah cerita lama. Sejak tahun 2021, kedua pemain sudah bertemu 10 kali, dan tak sekali pun Ginting bisa mencuri kemenangan dari ayah dua anak itu.

Sulit membayangkan kali ini Ginting bisa mengalahkan Viktor Axelsen, kecuali jika ‘Alien’ asal Denmark itu mengalami cedera yang membuat agresifitasnya menurun.