Sport  

[Update] Info Marco Materazzi Sebut Radja Nainggolan Beri Dampak Besar di Indonesia Update 2023

Pemain anyar Bhayangkara FC untuk Liga 1 2023/2024, Radja Nainggolan.

Realita.id- – Mantan pemain Inter Milan, Marco Materazzi sudah mengetahui jika salah satu eks pemain Nerazzurri, Radja Nainggolan kini beraksi di Liga 1 Indonesia. Hadirnya Radja dinilai berdampak bagus ke sepak bola Tanah Air.

Seperti diketahui, Nainggolan kini membela Bhayangkara FC. Dia sudah jalani debut dan bantu The Guardian menang (3-0) saat lawan Persita Tangerang dipekan ke-23 Liga 1 2023/24. 

Disampaikan Materazzi, Nainggolan punya sesuatu yang hisa ditawarkan kendati usinya tidak lagi muda. Eks Timnas Belgia itu bisa bantu pemain muda Indonesia untuk berkembang. 

Nainggolan adalah pemain bagus dan keputusannya bermain di Indonesia, menunjukkan sepak bola nasional berkembang positif. 

“Ada pemain dunia yang sangat terkenal seperti Radja Nainggolan, yang pernah main di Italia juga. Saya tahu kemampuannya yang sangat bagus, dan dia juga tahu sepak bola di Eropa seperti  apa,” buka Materazzi.

“Ketika dia memutuskan pindah ke Indonesia, berarti ada potensi yang kuat dan bisa dikembangkan, terutama untuk pemain-pemain muda. Jadi mudah-mudahan, ke depan akan berkembang lagi,” imbuhnya. 

Materazzi mengetahui, sepak bola Indonesia terus berbenah. Dia menyebut, gelaran Piala Dunia U-17 2023 yang digelar di Indonesia adalah bukti lain perkembangan ke arah positif.

Eks juara Piala Dunia 2006 itu menjelaskan, sudah pernah ke Indonesia jadi sedikit tau perkembangan sepak bola di Tanah Air. Beberapa waktu lalu, ia turut memberikan coaching clinic dan menyeleksi pemain muda untuk Future Garuda yang digagas PSSI. 

“Karena saya sudah pernah ke sini pada Mei 2023, jadi bisa saya saksikan ada suatu movement yang benar-benar sangat mendorong sepak bola Indonesia, yaitu yang sangat penting untuk Piala Dunia U-17,” ucapnya.

“Ada banyak pemain yang sangat muda dan sangat bersemangat untuk berkontribusi di dunia sepak bola Indonesia. Itu jadi kebangaan bagi Indonesia,” lanjut eks Timnas Italia itu.

Marco Materazzi sedang berada di Jakarta untuk melakukan promosi jelang EURO 2024. Dia datang bersama eks kapten Barcelona, Carles Puyol.

Keduanya sempat menghabiskan waktu dengan bermain fun football dan bertemu awak media. 

“Pertandingan kemarin sangat menyenangkan dan lucu, kami bermain dengan artis dan orang-orang terkenal di Indonesia. Saya pernah dua kali ke sini dan kunjungan sebelumnnya saya juga menikmati keseruan tersebut,” aku Puyol.