Sport  

[Update] Info Kokoh di Puncak Klasemen, Pelatih Borneo FC Akui Menang Beruntung Atas RANS Update 2023

Gelandang Persis Solo, Moussa Sidibe, melepaskan sepakan ke gawang Borneo FC dalam lanjutan Liga 1 2023-2024 di Stadion Manahan Solo, Senin (27/11/23). (Foto: MO Persis Solo)

Realita.id– Borneo FC menutup tahun 2023 dengan kemenangan. Pesut Etam kalahkan RANS Nusantara FC dengan skor tipis, 1-0 pada pekan ke-23 Liga 1 2023/24, Sabtu (16/12/23) di Stadion Sultan Agung, Bantul.

Satu-satunya gol Borneo FC dilesakkan oleh Terens Puhiri pada menit ke-24. Dia manfaatkan umpan mendatar dari M. Sihran.

Meski sukses amankan tiga poin, pelatih Borneo FC, Pieter Huistra menyatakan kurang puas. Lantaran, tim asuhannya bermain tidak seperti biasanya dan minim ciptakan peluang. 

“Ini kali pertama saya berteriak seperti ini di babak pertama. Kami kesulitan bermain dan kami bermain dengan cara tak seperti biasanya. Normalnya, pemain bermain di mana-mana dan tidak bermain di lingkup kecil. Sedikit peluang, tak ada pressing,” ujarnya.

“Ini tidak bagus. Itu tidak cukup tetapi untungnya kami bisa menang. Ini adalah pertandingan yang berat. Kami mempunyai kesulitan dengan lapangan dan angin, serta bola yang gila di babak pertama. Dan kami harus menyerang dengan cara seperti itu,” lanjutnya. 

Pelatih asal Belanda itu menjelaskan, Borneo FC tidak bermain disiplin pada laga kemarin sore. Mereka memberikan peluang pada pemain lawan untuk bermain lebih leluasa. 

“Untuk pertandingan berikutnya, kami harus mempunyai pergantian pemain yang lebih baik daripada ini,” ujar Pieter Huistra. 

Meski demikian, Pieter Huistra tetap memberikan apresiasi atas kerja keras pemain. Turun-naiknya performa pemain adalah sesuatu yang normal di sepak bola. 

Adam Alis dan kawan-kawan dinilai sudah berusaha keras selama enam bulan terakhir dan hasilnya cukup bagus dengan puncaki klasemen sementara Liga 1 2023/24.

“Normalnya, kamu bekerja dengan keras, peluang pasti ada. Dan hari ini, kamu bisa memenangkannya. Itu berhasil. Para pemain kini bisa memunculkan kepercayaan dirinya karena mereka telah melakukannya,” tuturnya.

“Jika kamu melihatnya di pekan 23 ini, kami membuat banyak progress, para pemain melakukannya dengan sangat bagus,” tambah eks direktur Timnas Indonesia itu.

Sementara itu, winger Borneo FC, M. Sihran bersyukur bisa bantu tim raih tiga poin. Adapun kekurangan di laga kontra RANS akan diperbaiki saat tim kembali dari masa libur. 

“Alhamdulillah kita bisa dapat tiga poin di laga away ini. Bagus buat kita dan bagus buat tim. Mudah-mudahan kita bisa selalu memperbaikin kesalahan kita di setiap pertandingan, dan koreksi dari pelatih juga akan kita perbaiki kesalahan kita,” ucapnya.

“Untuk masyarakat Samarinda, kita dapat tiga poin hari ini. Kali ini untuk mereka juga. Dan harapan kita sebagai pemain dan official, di tahun 2024 nanti kita main di Batakan, kita mau mereka datang untuk kasih semangat kita,” lanjutnya.

“Karena mereka adalah pemain ke-12 buat kita. Mereka selalu bikin kita semangat dan sampai sekarang kita berada di sini itu juga karena mereka,” tuntas Sihran.

Borneo FC kini kokoh dipuncak klasemen sementara Liga 1 2023/24 dengan raihan 51 poin dari 23 laga. Tim asal Kalimantan Timur itu unggul 11 poin dari Bali United diperingkat kedua.