Sport  

[Update] Info Jay Idzes Beranjak Pulih dari Sakit Misterius, Naturalisasi demi Piala Asia Update 2023

Jay Idzes, pemain Venezia FC yang segera naturalisasi untuk membela Timnas Indonesia. (Foto: Instagram @jayidzes)

Realita.id- – Jay Idzes beranjak pulih dari sakit misterius yang pernah menimpanya, maka kemungkinan ia lanjut naturalisasi demi membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Jay Idzes adalah pemain keturunan Indonesia yang bermain di klub Italia, Venezia. Ketika ia sedang meniti karier di kancah Eropa, bek 23 tahun itu justru mengalami sakit paru-paru.

Hal ini dikonfirmasi oleh ofisial klub Venezia. Jay Idzes sempat dibawa ke rumah sakit pada Oktober lalu. Meski sudah diizinkan pulang, tetapi kondisinya masih harus terus dipantau.

“Venezia FC mengumumkan bahwa Jay Idzes terkena trombosis vena dengan mikro emboli paru,” tulis laman resmi Venezia, 19 Oktober lalu.

“Intervensi staf medis klub memungkinkan untuk mencapai diagnosis yang cepat dan memberikan terapi yang tepat. Ia rawat inap beberapa hari di Giovanni XXIII Nursing Home di Monastier.”

Berdasarkan penjelasan Siloam Hospital, trombosis adalah gangguan kesehatan yang ditandai dengan menggumpalnya darah, dan untuk kasus Jay Idzes adalah penggumpalan di Vena.

Sedangkan emboli paru adalah salah satu jenis penyakit pernafasan. Penyebab emboli paru adalah tersumbatnya salah satu arteri paru karena terdapat gumpalan darah.

Penyumbatan darah ini membuat paru-paru tidak mendapat pasokan darah dari jantung. Karena itulah, emboli paru dapat berakibat fatal jika tidak ditangani sesegera mungkin.

Apalagi dengan status Jay Idzes sebagai pesepak bola, penyakit pernafasan akan sangat merepotkan. Ia diragukan untuk bermain sepanjang 90 menit dengan intensitas tinggi.

Namun kini, Jay Idzes mengaku kondisinya sudah berangsur pulih. Masih ada asa untuk lanjutkan proses naturalisasi dan membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 nanti.