Sport  

[Update] Info Irak Luka Terdalam 4 Kekalahan Terburuk Timnas Indonesia di Era Shin Tae-yong Update 2023

Di bawah asuhan Shin Tae-yong sejak 2020, timnas Indonesia perlahan menunjukkan langkah nyata mengembalikan reputasi sebagai Macan Asia.

Realita.id- – Di bawah asuhan Shin Tae-yong sejak 2020, timnas Indonesia perlahan menunjukkan langkah nyata mengembalikan reputasi sebagai Macan Asia.

Hanya saja di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia melawan Irak pada Kamis (16/11/23) lalu, Tim Garuda dipaksa membumi setelah dibantai 5-1.

Hanya dalam tempo 35 menit gawan Nadeo Argawninata sudah jebol dua kali via Bashar Resan dan bunuh diri Jordi Amat.

Asa sempat kembali terpupuk usai Shayne Pattynama mendapatkan gol pertamanya dalam seragam Merah-Putih jelan turun minum namun Irak betul-betul menghabisi timnas Indonesia di babak kedua.

Berturut-turut Osama Rashid, Youssef Amyn, Ali Al-Hamadi mencetak gol-gol yang membuat 65.000 pasang matang yang memenuhi Basra City Sport Stadium bergemuruh.

Skor 5-1 kemudian jadi kedudukan akhir pertandingan. Irak membuka lebar jalan menuju putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia sementara timnas Indonesia sebaliknya terancam tersingkir.

Shin Tae-yong pun dikritik habis karenanya. Gap peringkat FIFA kedua tim memang jauh namun yang ditampilkan oleh para pemainnya kemarin lusa sangat memalukan.

Hal ini menunjukkan jika pelatih asal Korea Selatan itu memang cuma manusia biasa yang tidak lepas dari eror dan kesalahan. Kekalahan bukan barang baru baginya dan berikut empat di antaranya yang paling menyakitkan selama menukangi timnas Indonesia.

1. Vietnam 4-0 Indonesia (Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia)

Dalam tiga tahun melatih timnas Indonesia tidak ada tim yang lebih mensulitkan Shin Tae-yong ketimbang Vietnam. Di level senior maupun junior, The Golden Star Warriors selalu membuat taktiknya seolah tidak mempan.

Salah satu kekalahan pertama yang ia terima pun berasal dari Vietnam dala ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 silam bertempat di Dubai, Uni Emirat Arab.

Bermain di Al-Maktoum Stadium yang merupakan stadion netral, timnas Indonesia tetap didominasi oleh lawannya dan tumbang empat gol tanpa balas.

Hanya saja mengingat itu baru partai ketiga Shin Tae-yong menukangi Asnawi Mangkualam dan kolega, publik masih cukup maklum meski kekalahan dari salah satu rival terberat di Asia Tenggara tetap sulit untuk diterima.