Sport  

[Update] Info Ingin Ciptakan Pemain Kelas Dunia, PSSI Gandeng Yokohama FC Update 2023

Ketum PSSI, Erick Thohir bersama PJ Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono memperkenalkan Trophy World Cup U-17 kepada publik di Bunderan HI, Minggu (15/10/23).⁩

Realita.id- – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir terus berupaya untuk membawa sepak bola Indonesia ke level yang lebih baik. Terbaru Erick Thohir menggandeng klub raksasa Jepang, Yokohama FC.

Erick Thohir melakukan pertemuan dengan deretan petinggi klub Yokohama FC. Yokohama FC memang bukan klub sembarang karena merupakan klub yang berkompetisi di kancah J1 League. 

Namun memang di ajang J1 League 2023, Yokohama menunjukkan prestasi kurang gemilang hanya mampu finis di posisi 18 dan harus rela terdegradasi ke kancah J2 League. 

Meski begitu, dalam struktur tim, Yokohama FC tidak boleh dipandang sebelah mata. 

Dalam susunan tim kepelatihan mereka saat ini terdapat legenda Timnas Jepang yang pernah memperkuat beberapa klub Eropa, yaitu Shunsuke Nakamura, yang menjabat sebagai asisten pelatih. 

Berkaca hal ini, Erick Thohir pun mencoba menggali terkait bagaimana klub Jepang bisa menciptakan pemain yang bisa bermain hingga level dunia. 

“Kami ingin belajar bagaimana bisa menciptakan klub yang bisa bersaing di level Asia dan menciptakan pemain-pemain kelas dunia seperti Shunsuke Nakamura yang pernah bermain di Eropa,” tulis Erick Thohir di akun Instagramnya. 

Memang ini bukan langkah baru yang dilakukan Erick dan juga PSSI melwkukan kolaborasi dengan sepak bola Jepang. Sebab sebelumnya PSSI juga sudah berkerjasama dengan dengan federasi sepak bola Jepang, JFA.

 ”Sebelumnya, PSSI dan JFA juga sudah bekerja sama saat dua wasit asal Jepang memimpin pertandingan antara Persib Bandung melawan Persik Kediri, dan Persita Tangerang melawan Persikabo 1973.” 

”Kita kawal terus transformasi sepak bola ini!” lelaki yang juga Menteri BUMN itu menegaskan. 

Memang sebelumnya dua wasit asal Jepang sudah memimpin di kancah Liga 1 2023-2024. Keduanya antara lain, Futoshi Nakamura dan Yusuke Araki.

Banyak penilaian positif terkait kepemimpinan dua wasit asal Jepang tersebut di laga Persib vs Persik dan Persita melawan Persikabo 1973. 

Tak berhenti di langkah ini, Erick mengatakan nantinya juga akan ada kerja sama terkait sepak bola wanita. 

Bahkan, direncanakan pelatih Timnas Putri Indonesia akan berasal dari Jepang. Namun hingga saat ini hal tersebut masih belum dipastikan.