Sport  

[Update] Info Gelandang Persib Bandung, Marc Klok Bangun Sekolah Luar Biasa di Cililin Update 2023

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok. (Foto: Arif Rahman/Realita.id)

Realita.id- – Gelandang Persib Bandung dan Timnas Indonesia, Marc Klok, selain memiliki skill individu berkualitas di lapangan juga memiliki jiwa sosial yang sangat tinggi, hal itu terlihat dari progam pembangunan sekolah yang dijalankan olehnya.

Pemain yang menggunakan nomor punggung 23 ini, membangun kembali Sekolah Luar Biasa (SLB) Budi Mulia di Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat dan diresmikan pada Selasa (05/12/23).

SLB Budi Mulia sendiri diperuntukkan bagi anak berkebutuhan khusus dengan total 53 murid dan 15 guru, direkonstruksi menjadi Block School, sekolah ramah lingkungan yang memanfaatkan eco-brick, batu bata yang dibuat dari sampah plastik daur ulang. 

Pembangunan sekolah tersebut merupakan hasil dari kolaborasi Marc Klok melalui Marc Klok Foundation bersama Happy Hearts Indonesia (HHI) yang merupakan organisasi nirlaba yang berdedikasi untuk memberikan pendidikan berkualitas kepada anak-anak kurang mampu di Indonesia.

Marc Klok mengaku senang bisa menjadi bagian dalam proyek sosial tersebut, apalagi dia memiliki keinginan untuk berkontribusi untuk memperbaiki kehidupan anak-anak berkebutuhan khusus di daerah tersebut.

“Saya bermain di Bandung, Persib, dan saya ingin menjalankan projek yang dekat dari Bandung, karena saya merasa banyak mendapatkan dukungan dari klub ini. Mereka terbuka kepada saya, menerima saya, tentunya ini menjadi perasaan yang menyenangkan,” kata Marc Klok.

“Sangat indah bisa menjalankan proyek pertama di tempat yang dekat dengan dimana saya bermain, untuk bisa membalas apa yang telah saya terima,” ucapnya menambahkan.

Lebih lanjut Marc Klok menuturkan, ada beberapa alasan yang membuat memilih untuk membangun kembali sekolah Budi Mulia di Cililin, salah satunya yakni jarak sekolah dengan Kota Bandung yang tidak terlalu jauh.

“Cililin berada di Jawa Barat, bisa dilihat di sekeliling, hampir semuanya mengenakan jersey Persib. Jadi ini tentu menyenangkan bisa berkontribusi dengan mereka yang dekat dengan tempat saya bermain,” ungkapnya.

“Selain itu, jaraknya juga masih terjangkau bagi saya untuk bisa menjalankan kegiatan di sini, melihat anak-anak di sini, memantau proyek saya ini, itu kenapa Cililin jadi pilihan pertama saya,” ujarnya menambahkan.

Selain itu, Marc Klok juga sudah mendengar cerita dari anak-anak di lingkungan sekolah tersebut mengenai kondisi dan situasi yang mereka hadapi. Sehingga, hal itu semakin menguatkan dirinya untuk membantu SLB Budi Mulia.

“Lalu setelah saya mendengar cerita anak-anak di sini dan situasinya, melihat kesulitan yang dihadapi di hidupnya, saya mersa yakin bahwa saya bisa memberikan kontribusi di sini,” jelasnya.

Setelah selesai membangun SLB Budi Mulia, pemain yang sering mendapatkan kepercayaan menjadi kapten tim Persib ini memiliki rencana untuk melanjutkan kegiatan sosialnya tersebut.

Selain membangun sekolah, Marc Klok juga berencana untuk membuat lapangan sepak bola. Pasalnya, sebagai pesepakbola dia juga ingin berkontribusi bagi persepakbolaan Indonesia.

“Ya, ada rencana untuk memperbaiki sekolah lainnya, kami juga berencana membuat lapangan sepakbola. Karena menurut saya, kombinasi ini sangat luar biasa, bukan hanya di bidang pendidikan saja,” kayanya.

“Karena di hidup saya, pendidikan merupakan satu bagian, dan sepak bola juga merupakan bagian lainnya dan mungkin lebih besar perannya dari pendidikan di sekolah. Oleh karena itu, saya memilih membuat lapangan sepakbola dan ruang kelas,” jelasnya.

Setelah membangun sekolah di Cililin, proyek sosial Marc Klok selanjutnya yakni akan membuat lapangan sepak bola di Jakarta dan sekolahan di Lombok. 

“Proyek berikutnya untuk lapangan sepak bola akan dilakukan di Jakarta, lalu untuk sekolah lainnya itu di Lombok. Jadi itu proyek yang akan datang,” pungkasnya.