Sport  

[Update] Info Diikuti Pebalap Terbaik Dunia, UCI MTB 2023 Kembali Guncang Bumi Borneo Update 2023

Ketua Harian ISSI Kalteng, Rahmat Nasution Hamka, menyebut Kejuaraan Dunia UCI MTB World Championship 2023 di Palangkaraya siap digelar.

Realita.id- – Kejuaraan Dunia UCI MTB World Championship 2023 akan dimulai pada Minggu (12/11/23) siang WIB. Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), sebagai tuan rumah sudah bersolek.

Ketua Harian ISSI Kalteng, Rahmat Nasution Hamka, mengungkapkan persiapan UCI MTB World Championship 2023 sudah mencapai 100 persen. Ia menjamin ajang Piala Dunia Sepeda MTB tahun ini siap menyambut hadirnya juara dunia.

“Yang pertama ini sesuatu yang sebenarnya sudah pernah kita lakukan pada 2022, yaitu saat UCI MTB World Cup, dan kita berhasil sukses melaksanakan itu sehingga kita diberi kepercayaan lagi untuk menggelar World Championship,” buka Rahmat Hamka. 

“Untuk persiapan sebenarnya kita sudah ada pengalaman di tahun sebelumnya sehingga ini hanya tinggal pemantapan, dan kemudian untuk venuenya besok sudah bisa dipakai untuk latihan resmi,” kata Rahmat di venue pertandingan, area depan Stadion Tuah Pahoe, Jumat (10/11/23).

Rahmat pun mengatakan memang tahun ini akan lebih spesial. Karena memang di perhelatan tahun ini akan menelurkan juara dunia di yang berlangsung di Asia pertama kalinya.

“Untuk tahun lalu kan kita itu seri, masuk seri kedelapan kan, jadi tidak ada juara dunia yang lahir dari sini karena menunggu seri-seri berikutnya. Tapi untuk World Championship ini, hari Minggu nanti akan lahir juara dunia langsung, jadi ini sesuatu yang sangat spesial buat kita dan menurut informasi, kita jadi negara Asia pertama yang mengadakan World Championship,” tambahnya.

Kemeriahan UCI MTB World Championship 2023 menyita perhatian pebalap terbaik dunia. Setidaknya 80 peserta dari 50 negara sudah mendaftar dan akan ambil bagian di perhelatan ini.

“Kalau atlet nasional kita sudah seperti biasa, mereka datang sudah dua hari yang lalu, mereka sudah ada di sini dan kita juga menginginkan ada atlet lokal selain nasional,” jelas Rahmat

“Atlet lokal kita Alhamdulillah kemarin lolos PON dan itu jadi kebanggaan kita, mudah-mudahan bisa diikutsertakan sebagai peserta kehormatan, minimal mereka ada pengalaman kejuaraan dunia,” tutupnya.

Sebagai informasi tahun lalu, pebalap sepeda Prancis Quentin Schrotzenberger menjadi pemenang dalam kategori ‘Men Elite’. Lalu kategori ‘Women Elite’ berhasil menjadi yang tercepat adalah atlet asal Jerman yakni Marion Fromberger.