Sport  

[Update] Info Catat Sejarah di Piala Dunia U-17, 3 Fakta Menarik Debut Arkhan Kaka Putra Update 2023

Realita.id- – Piala Dunia U-17 2023 resmi telah dibuka pada Jumat (10/11/23) kemarin, mempertandingkan Grup A di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Pertandingan kemarin antara lain Panama vs Maroko dan timnas Indonesia vs Ekuador sekaligus dilakukan upacara pembukaan Piala Dunia U-17 2023.

Nah lebih khusus lagi, ada hal menarik pada pertandingan Indonesia vs Ekuador di Piala Dunia U-17, salah satunya dari Arkhan Kaka.

1. Ukir Sejarah

Pemain yang memiliki nama lengkap Arkhan Kaka Putra Purwanto ini mengukir sejarah sebagai pencetak gol perdana timnas Indonesia di kancah Piala Dunia U-17.

Arkhan sukses mengelabui kiper Ekuador, Cristhian Loor, dan mencatatkan namanya di papan skor menit ke-22. Dia menendang bola dengan tenang ke pojok tiang dekat gawang lawan.

Penampilan moncer psepak bola yang saat ini membela Persis Solo ini tak lepas dari persiapan yang maksimal bersama timnas Indonesia U-17.

“Semua pemain optimistis dan tujuan yang sama. Yang jelas semoga nanti ke depannya,” kata Arkhan Kaka sebelum pertandingan melawan Ekuador.

2. Dukungan Keluarga

Keluarga Arkhan Kaka datang ke Stadion Gelora Bung Tomo untuk mendukung langsung dirinya. Sang ayah, Purwanto Suwondo, totalitas datang ke sana mengenakan jersey timnas Indonesia berwarna merah.

“Saya selalu memberikan semangat untuk Kaka, bahwa Piala Dunia ini adalah Piala Dunianya dia dan tidak mungkin terulang,” kata Purwanto.

“Sehingga, saya selalu berpesan buat dia harus punya etos kerja karena di usia 17 tahun, bukan kemampuan yang utama, tapi kerja di lapangan,” lanjutnya.

Purwanto bahkan tak lupa mengingatkan kepada anaknya itu untuk fokus pada persiapannya untuk Piala Dunia U-17 bersama timnas Indonesia.

“Saya juga sering bilang ke dia jangan mikir yang di rumah. Kamu mikir buat kamu dan bangsa dulu,” cetus striker tajam Semen Padang era 2000-an ini.