Sport  

[Update] Info Arema FC Dukung Penuh Arkhan Fikri Sebagai Wakil Tunggal Klub untuk Timnas Update 2023

Pemain Arema FC, Arkhan Fikri berjuang keras saat berebut bola dengan pemain Borneo FC Fajar Fathur Rahman pada laga BRI Liga 1. (Foto: MO Arema FC)

Realita.id- – Arema FC ikut bangga setelah salah satu gelandang mudanya, Arkhan Fikri masuk ke dalam proyeksi Timnas Indonesia untuk berlaga di Piala Asia 2024.

Pemain berusia 18 tahun itu menjadi salah satu dari 29 nama yang dipanggil Shin Tae-yong untuk menjalani training center (TC) timnas di Turki akhir tahun ini.

Rencananya, PSSI menggelar agenda TC itu mulai 20 Desember 2023 sampai 6 Januari 2024 mendatang, sebelum merapat ke Qatar.

“Tentu kami senang dengan pemanggilan ini. Sebagai klub yang menaungi Arkhan Fikri, ini sebuah kebanggaan,” ucap manajer tim Arema FC, Wiebie Dwi Andriyas.

Klub berlogo kepala singa itu pun mendukung penuh terhadap karir Arkhan Fikri untuk timnas. Kebetulan, Liga 1 juga sudah memasuki jeda hingga Februari 2024.

Maka dari itu, Arema FC berharap agar Arkhan Fikri menjadi bagian dari skuat final timnas Indonesia saat bertanding di Piala Asia Qatar nanti.

“Harapan terbaik tentunya untuk Arkhan dan timnas. Semoga mendapatkan hasil yang maksimal,” tambah figur yang juga pengusaha di Malang tersebut.

Timnas Indonesia sendiri tergabung di Grup D pada Piala Asia di Qatar nanti. Indonesia akan bersaing dengan Irak, Jepang dan Vietnam mulai 12 Januari 2024.

Indonesia akan lebih dulu menghadapi Irak (15/01/24), kemudian meladeni perlawanan Vietnam (19/1/24) dan Jepang (24/1/24) mendatang.

Sementara dalam agenda TC selama dua pekan di Turki, Tim Merah Putih akan melakoni serangkaian jadwal uji coba, 2 kali melawan Libya dan 1 kali versus Iran.

Pencapaian yang Layak

Sebelumnya, Arkhan Fikri memang menjadi pemain yang rutin mengisi skuat tim nasional Indonesia sejak berlaga di Toulon Cup Prancis bersama tim-19.

Dia lantas kembali berlaga bersama timnas U-19 saat AFF Cup U-19 dan Kualifikasi Piala AFC U-19 hingga putaran final Piala AFC U-19 di Uzbekistan.

Arkhan Fikri juga nyaris berlaga di Piala Dunia untuk timnas U-20. Setelah itu, dia juga pernah menjadi bagian timnas senior plus timnas U-23 di SEA Games lalu.

Sehingga, Arema FC menilai pencapaian Arkhan Fikri saat ini layak didapatkan. Lantaran perjalanan karirnya sudah dimulai dengan baik sejak usia muda.

“Kita semua tahu bagaimana perjalanan (karirnya). Dia memulainya dari bawah,” tandas manajer tim Arema FC, Wiebie Dwi Andriyas.

Sayangnya, Arkhan Fikri masih belum dipercaya secara besar di level klub. Dia masih kerap tak bisa tampil secara penuh alias 90 menit.

Di Liga 1 musim ini, Arkhan Fikri tampil dalam 19 laga untuk Arema FC, 15 diantaranya sebagai starter dan 4 caps lainnya turun sebagai pengganti.

Namun, Arema FC masih optimis bakatnya akan lebih matang. Itu yang menjadi alasan Tim Singo Edan mengikatnya selama 5 tahun (Juni 2022-2027).