News  

Tips Memilih dan Memadukan Busana Muslim dan Hijab yang Trendy di Tahun 2024 – Jurnal Faktual

Realita.id – Tahun 2024 sudah di depan mata. Bagi para wanita berhijab, tentu ingin tampil modis dan stylish di tahun yang baru.

Namun, bagaimana cara memilih dan memadukan busana muslim dan hijab yang sesuai dengan tren fashion terbaru?

Apa saja yang harus diperhatikan agar penampilan terlihat sempurna dan tidak monoton?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, kami mengumpulkan beberapa tips dan trik dari berbagai sumber yang berpengalaman dalam dunia fashion muslim.

Berikut adalah ulasan lengkap dan mendalam tentang tips memilih dan memadukan busana muslim dan hijab yang trendy di tahun 2024.

Pilih Bahan yang Nyaman dan Berkualitas

Salah satu hal yang menjadi perhatian utama dalam memilih busana muslim adalah bahan.

Bahan yang berkualitas, nyaman, dan sesuai dengan cuaca akan membuat penampilan lebih maksimal dan percaya diri.

Menurut Annisa Amalia C, pemilik brand @by_syora, tren bahan untuk busana muslim tahun 2024 adalah bahan yang flowy atau mengalir. Bahan ini memberikan kesan elegan, feminin, dan simpel.

“Bahan yang flowy itu bisa menyesuaikan dengan bentuk tubuh, jadi tidak terlalu ketat atau terlalu longgar. Bahan yang flowy juga bisa memberikan efek ilusi yang membuat tubuh terlihat lebih ramping,” kata Annisa.

Selain bahan flowy, bahan shimmer atau berkilau juga akan menjadi favorit para wanita berhijab tahun 2024.

Bahan ini memberikan kesan glamor, mewah, dan modern. Devi, pendiri brand hijab Deavhijab, mengatakan bahwa bahan shimmer cocok untuk acara-acara spesial seperti pesta atau perayaan.

Bahan ini juga bisa dipadukan dengan bahan lain yang lebih simpel untuk menyeimbangkan penampilan.

“Bahan shimmer itu bisa bikin tampilan lebih eye-catching, tapi harus hati-hati juga dalam memadukannya. Jangan terlalu banyak shimmer, cukup satu item saja, misalnya rok atau outer. Kalau terlalu banyak shimmer, bisa terlihat berlebihan atau norak,” ujar Devi.

Pilih Warna yang Sesuai dengan Karakter dan Kulit

Warna juga menjadi faktor penting dalam menentukan gaya berbusana.

Warna yang tepat bisa menunjukkan karakter, suasana hati, dan kesan yang ingin disampaikan. Menurut Devi, warna pastel masih akan menjadi tren di tahun 2024.

Warna-warna lembut seperti pink, biru, kuning, atau hijau muda bisa memberikan kesan girly, manis, dan fresh.

“Warna pastel itu bisa bikin tampilan lebih cerah dan ceria, cocok untuk wanita berhijab yang ingin menunjukkan sisi feminin dan imut mereka. Warna pastel juga bisa dipadukan dengan warna-warna netral seperti putih, hitam, atau abu-abu,” tutur Devi.

Selain warna pastel, warna earth tone atau warna-warna alam juga akan menjadi tren di tahun 2024.

Warna-warna seperti coklat, krem, hijau, atau oranye bisa memberikan kesan natural, hangat, dan cozy.

Warna-warna ini juga bisa dipadukan dengan warna-warna kontras untuk memberikan aksen yang lebih menarik.

“Warna earth tone itu bisa bikin tampilan lebih kalem dan elegan, cocok untuk wanita berhijab yang ingin menunjukkan sisi dewasa dan sophisticated mereka. Warna earth tone juga bisa dipadukan dengan warna-warna seperti merah, ungu, atau biru untuk memberikan kesan yang lebih dinamis dan berani,” kata Devi.

Selain memperhatikan warna baju dan hijab, kamu juga harus mempertimbangkan warna kulit.

Jika kamu memiliki warna kulit yang terang, hindari menggunakan warna yang terlalu pucat. Sebaliknya, jika kamu memiliki warna kulit yang gelap, hindari menggunakan warna yang terlalu terang.

Pilih Motif yang Unik dan Menarik

Motif atau corak pada busana muslim bisa menambah variasi dan dinamika pada penampilan.

Motif yang unik dan menarik bisa membuat tampilan lebih hidup dan berbeda dari yang lain.

Menurut Annisa, motif bunga dan garis akan menjadi tren di tahun 2024. Motif ini memberikan kesan feminin, klasik, dan modern.

“Motif bunga itu bisa bikin tampilan lebih cantik dan romantis, cocok untuk wanita berhijab yang ingin menunjukkan sisi lembut dan anggun mereka. Motif bunga juga bisa dipadukan dengan motif lain yang lebih simpel, seperti polkadot atau kotak-kotak,” kata Annisa.

“Motif garis itu bisa bikin tampilan lebih rapi dan trendy, cocok untuk wanita berhijab yang ingin menunjukkan sisi smart dan chic mereka. Motif garis juga bisa dipadukan dengan motif lain yang lebih berani, seperti animal print atau geometris,” tambah Annisa.

Selain motif bunga dan garis, motif tie dye atau motif yang terlihat seperti dicelup dengan warna-warna berbeda juga akan menjadi tren di tahun 2024.

Motif ini memberikan kesan playful, fun, dan colorful. Motif ini juga bisa dipadukan dengan warna-warna solid untuk memberikan kesan yang lebih seimbang.

“Motif tie dye itu bisa bikin tampilan lebih unik dan eksotis, cocok untuk wanita berhijab yang ingin menunjukkan sisi kreatif dan eksploratif mereka. Motif tie dye juga bisa dipadukan dengan warna-warna yang senada atau kontras untuk memberikan kesan yang lebih menonjol dan berbeda,” kata Annisa.

Pilih Model yang Sesuai dengan Bentuk Tubuh dan Kepribadian

Model atau potongan busana muslim juga menjadi hal yang penting dalam menentukan gaya berbusana.

Model yang sesuai dengan bentuk tubuh dan kepribadian akan membuat penampilan lebih proporsional dan menawan.

Menurut Devi, model one set, jumpsuit, dan vest akan menjadi tren di tahun 2024. Model ini memberikan kesan praktis, simpel, dan stylish.

“Model one set itu bisa bikin tampilan lebih rapi dan matching, karena baju dan rok atau celana sudah satu set. Model one set juga bisa dipadukan dengan outer atau aksesoris untuk memberikan kesan yang lebih variatif dan menarik,” kata Devi.

“Model jumpsuit itu bisa bikin tampilan lebih casual dan sporty, karena baju dan celana sudah menyatu. Model jumpsuit juga bisa dipadukan dengan hijab atau outer yang berbeda warna atau motif untuk memberikan kesan yang lebih dinamis dan berani,” tambah Devi.

“Model vest itu bisa bikin tampilan lebih formal dan profesional, karena vest bisa memberikan kesan yang lebih rapi dan elegan. Model vest juga bisa dipadukan dengan baju atau hijab yang berbeda warna atau motif untuk memberikan kesan yang lebih segar dan modis,” ujar Devi.