News  

Timnas Indonesia Siap Beri Kejutan di Markas Irak – Realita.id

Realita.id – Tim nasional (timnas) sepak bola Indonesia akan menghadapi tantangan berat di laga perdana Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Mereka akan bertandang ke markas Irak di Stadion Internasional Basra, Kamis (16/11/2023) pukul 21.45 WIB.

Laga ini akan menjadi ujian bagi ambisi pelatih Shin Tae-yong untuk membawa Garuda terbang tinggi di kancah internasional.

Pelatih asal Korea Selatan itu telah berhasil meningkatkan performa timnas Indonesia sejak ia menangani skuad Merah Putih pada Desember 2019.

Di bawah asuhan Shin, timnas Indonesia berhasil naik 10 peringkat dalam daftar negara-negara FIFA, dari posisi 173 pada November 2019 menjadi 163 pada Oktober 2023.

Selain itu, Shin juga membawa timnas Indonesia meraih prestasi gemilang di beberapa turnamen regional, seperti runner-up Piala AFF 2020, runner-up Kejuaraan U-23 AFF 2023, dan medali emas SEA Games 2021.

Shin juga berhasil membangun timnas Indonesia dengan menggabungkan pemain-pemain muda berbakat dan pemain naturalisasi berkualitas.

Beberapa nama yang menjadi andalan Shin antara lain Evan Dimas, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Osvaldo Haay, Elkan Baggott, Marc Klok, dan Ezra Walian.

Namun, Shin sadar bahwa tantangan yang dihadapi timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan jauh lebih berat daripada sebelumnya. Irak merupakan salah satu tim kuat di Asia, yang berada di peringkat 68 FIFA, jauh di atas Indonesia.

Irak juga memiliki pemain-pemain berpengalaman yang bermain di liga-liga Eropa, seperti Ali Adnan (Udinese, Italia), Mohanad Ali (Al Sailiya, Qatar), dan Bashar Resan (Persepolis, Iran).

Shin mengatakan bahwa timnas Indonesia tidak akan menyerah begitu saja dan akan berusaha memberikan perlawanan sengit kepada Irak. Ia mengaku telah mempelajari kekuatan dan kelemahan lawan, serta menyiapkan strategi khusus untuk menghadapinya.

“Kami tahu bahwa Irak adalah tim yang sangat kuat dan berpengalaman. Mereka memiliki pemain-pemain yang bermain di liga-liga top Eropa. Kami harus menghormati mereka, tetapi kami juga harus percaya diri dengan kemampuan kami. Kami akan bermain dengan semangat dan disiplin tinggi, serta mencoba menciptakan peluang dan memanfaatkan kesalahan mereka,” kata Shin dalam konferensi pers sebelum laga, seperti dikutip dari situs resmi PSSI.

Shin menambahkan bahwa timnas Indonesia juga memiliki motivasi ekstra untuk tampil baik di Kualifikasi Piala Dunia 2026, karena ini adalah kesempatan langka bagi mereka untuk berkompetisi di level tertinggi.

Ia berharap bahwa timnas Indonesia bisa membuat sejarah dengan lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, yang belum pernah terjadi sebelumnya.

“Kami sangat bersemangat untuk bermain di Kualifikasi Piala Dunia 2026, karena ini adalah impian semua pemain dan pelatih. Kami ingin menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia bisa bersaing dengan tim-tim terbaik di Asia. Kami ingin membuat bangga seluruh rakyat Indonesia dengan prestasi kami. Kami akan berjuang sampai titik darah penghabisan untuk mencapai target kami,” ujar Shin.

Timnas Indonesia akan berada di Grup F bersama dengan Irak, Vietnam, Filipina, dan Taiwan. Hanya dua tim teratas yang akan lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Selain melawan Irak, timnas Indonesia juga akan menghadapi Filipina pada 21 November 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.