News  

Tampil Profesional dan Percaya Diri – Jurnal Faktual

Realita.id – Melamar kerja adalah salah satu momen penting dalam karier seseorang. Selain mempersiapkan CV, portofolio, dan skill, ada hal lain yang juga perlu diperhatikan: pakaian.

Ya, pakaian yang kita kenakan saat melamar kerja bisa memberikan kesan pertama yang baik atau buruk kepada perekrut.

Apalagi, statistik menunjukkan bahwa 55% kesan pertama HRD ditentukan oleh cara kita berpakaian dan cara kita berjalan memasuki ruangan interview.

Lalu, bagaimana cara memilih pakaian yang tepat untuk melamar kerja? Apakah ada aturan baku yang harus diikuti?

Apa saja hal-hal yang harus dihindari? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, kami mengumpulkan beberapa tips dari berbagai sumber yang bisa membantu Anda tampil profesional dan percaya diri saat melamar kerja.

Ketahui Aturan Berbusana Perusahaan

Sebelum memilih pakaian, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu dress code atau aturan berbusana di perusahaan yang Anda lamar.

Setiap perusahaan bisa memiliki standar yang berbeda-beda, tergantung dari jenis, bidang, dan budaya kerjanya.

Misalnya, perusahaan yang bergerak di bidang hukum, keuangan, atau pemerintahan biasanya lebih mengutamakan pakaian yang formal dan rapi.

Sedangkan perusahaan yang bergerak di bidang kreatif, media, atau startup bisa lebih fleksibel dan santai dalam hal berpakaian.

Untuk mengetahui dress code perusahaan, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut:

– Menyelusuri sosial media atau website perusahaan untuk melihat gaya berpakaian karyawan atau pimpinannya.

– Datang langsung ke kantor perusahaan untuk mengamati suasana dan lingkungannya.

– Tanyakan kepada HRD melalui email atau telepon jika Anda ragu atau ingin memastikan.

Jika Anda tidak bisa mendapatkan informasi yang jelas tentang dress code perusahaan, ada baiknya Anda memilih pakaian yang lebih formal daripada kasual.

Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda serius, profesional, dan menghormati perusahaan.

Pilih Outfit dengan Warna Netral

Setelah mengetahui dress code perusahaan, langkah selanjutnya adalah memilih outfit atau pakaian yang akan Anda kenakan.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah warna pakaian. Warna pakaian bisa memberikan kesan tertentu kepada orang yang melihatnya.

Misalnya, warna hitam bisa memberikan kesan elegan, kuat, dan otoritatif. Sedangkan warna merah bisa memberikan kesan berani, percaya diri, dan dinamis.

Namun, warna pakaian yang terlalu mencolok atau kontras bisa juga menimbulkan kesan negatif, seperti terlalu berlebihan, tidak sesuai, atau tidak profesional.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih warna pakaian yang netral, seperti hitam, putih, coklat, abu-abu, gading, khaki, atau navy.

Warna-warna ini bisa memberikan kesan profesional, rapi, dan sopan. Anda juga bisa mengombinasikan dua atau tiga warna netral untuk menciptakan variasi.

Jika Anda ingin menambahkan sedikit warna pada pakaian Anda, Anda bisa memilih warna-warna pastel, seperti biru muda, hijau muda, atau krem.

Warna-warna ini bisa memberikan kesan segar, ceria, dan ramah. Namun, hindari warna-warna yang terlalu terang, seperti merah, kuning, atau pink.

Warna-warna ini bisa mengganggu konsentrasi atau membuat Anda terlihat kurang serius.

Pastikan Pakaian Tidak Kusut

Pakaian yang kusut bisa merusak penampilan Anda, bahkan jika pakaian tersebut mahal atau berkualitas.

Pakaian yang kusut bisa menunjukkan bahwa Anda tidak peduli, tidak rapi, atau tidak profesional.

Oleh karena itu, pastikan pakaian yang Anda kenakan tidak kusut, bersih, dan tidak ada noda atau cacat.

Anda bisa menyetrika pakaian Anda sebelum melamar kerja, atau menggunakan baju yang berbahan anti-kusut.

Selain itu, pastikan juga pakaian Anda sesuai dengan ukuran tubuh Anda.

Jangan memakai pakaian yang terlalu besar atau terlalu kecil, karena bisa membuat Anda tidak nyaman atau tidak proporsional.

Pilihlah pakaian yang pas dan membuat Anda bebas bergerak.

Gunakan Kemeja, Batik, atau Dress

Pakaian yang paling umum digunakan untuk melamar kerja adalah kemeja, baik untuk pria maupun wanita. Kemeja bisa memberikan kesan formal, rapi, dan profesional.

Anda bisa memilih kemeja dengan lengan panjang atau pendek, tergantung dari cuaca dan kenyamanan Anda.

Anda juga bisa memilih kemeja dengan warna polos atau motif sederhana, seperti garis-garis atau kotak-kotak.

Selain kemeja, Anda juga bisa menggunakan batik sebagai pakaian untuk melamar kerja. Batik adalah pakaian khas Indonesia yang memiliki nilai seni dan budaya yang tinggi.

Batik bisa memberikan kesan kalem, sederhana, namun tetap formal dan sopan. Anda bisa memilih batik dengan warna atau motif yang tidak terlalu ramai atau mencolok.

Bagi wanita, Anda juga bisa menggunakan dress sebagai pakaian untuk melamar kerja. Dress bisa memberikan kesan feminin, anggun, dan elegan.

Anda bisa memilih dress dengan model yang sederhana, seperti dress berkerah, dress A-line, atau dress lurus.

Pastikan juga panjang dress tidak terlalu pendek, sebaiknya di bawah lutut.

Tambahkan Blazer, Jas, atau Cardigan

Untuk menambahkan kesan profesional dan rapi pada pakaian Anda, Anda bisa menambahkan blazer, jas, atau cardigan.

Blazer, jas, atau cardigan bisa melengkapi pakaian Anda, seperti kemeja, batik, atau dress.

Anda bisa memilih blazer, jas, atau cardigan dengan warna yang senada atau kontras dengan pakaian Anda, asalkan tidak terlalu mencolok.

Blazer, jas, atau cardigan juga bisa memberikan manfaat lain, seperti melindungi Anda dari udara dingin, menutupi bagian tubuh yang kurang proporsional, atau menyembunyikan noda atau cacat pada pakaian Anda.

Namun, pastikan juga blazer, jas, atau cardigan yang Anda kenakan tidak terlalu tebal, panas, atau berbulu, karena bisa membuat Anda tidak nyaman atau alergi.

Memakai Celana atau Rok Bahan

Bagian bawah pakaian yang cocok untuk melamar kerja adalah celana atau rok bahan. Celana atau rok bahan bisa memberikan kesan formal, rapi, dan sopan.

Anda bisa memilih celana atau rok bahan dengan warna yang senada atau kontras dengan bagian atas pakaian Anda, asalkan tidak terlalu mencolok.

Hindari memakai celana atau rok yang terlalu ketat, pendek, atau transparan, karena bisa membuat Anda tidak nyaman atau tidak sopan.

Jika Anda memakai rok, pastikan panjangnya tidak lebih dari lutut. Anda juga bisa memakai stocking atau legging untuk menambah kenyamanan dan kehangatan.

Gunakan Sepatu Tertutup

Sepatu adalah salah satu aksesori pakaian yang juga penting untuk diperhatikan. Sepatu yang Anda kenakan bisa menunjukkan kepribadian, gaya, dan profesionalitas Anda.

Untuk melamar kerja, sebaiknya Anda memilih sepatu yang tertutup, seperti sepatu pantofel, sepatu flat, atau sepatu boots.

Sepatu tertutup bisa memberikan kesan formal, rapi, dan sopan.

Hindari memakai sepatu yang terbuka, seperti sandal, sepatu jepit, atau sepatu hak tinggi.

Sepatu terbuka bisa memberikan kesan santai, tidak serius, atau tidak profesional.

Selain itu, sepatu hak tinggi juga bisa membuat Anda tidak nyaman atau tidak stabil saat berjalan.

Perhatikan aksesoris 

Aksesori bisa menambah nilai estetika pada penampilan Anda. Namun, perlu diingat bahwa dalam konteks melamar kerja, lebih baik memilih aksesori yang sederhana dan tidak mencolok.

Beberapa aksesori yang bisa Anda pertimbangkan antara lain dasi, ikat pinggang, jam tangan, dan perhiasan minimalis.

Dasi bisa menambah kesan formal pada penampilan Anda, terutama jika Anda memakai kemeja dan jas.

Pilihlah dasi dengan warna atau motif yang senada dengan pakaian Anda. Ikat pinggang juga bisa menambah kesan rapi dan tertata pada penampilan Anda.

Pilihlah ikat pinggang dengan warna yang senada dengan sepatu Anda.

Jam tangan bisa menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang menghargai waktu. Pilihlah jam tangan dengan model dan warna yang sederhana dan tidak mencolok.

Perhiasan minimalis, seperti anting-anting kecil, kalung tipis, atau gelang sederhana, bisa menambah kesan feminin dan elegan pada penampilan Anda.

Namun, hindari memakai perhiasan yang terlalu besar, berat, atau berkilau, karena bisa mengganggu konsentrasi atau membuat Anda terlihat kurang profesional.

Jaga Kebersihan dan Keindahan Tubuh

Selain pakaian, penampilan fisik Anda juga sangat penting. Pastikan Anda mandi, mencuci rambut, dan membersihkan gigi sebelum melamar kerja.

Gunakan deodoran atau parfum yang tidak terlalu kuat untuk menghindari bau badan. Jaga kebersihan dan keindahan kulit, rambut, kuku, dan gigi Anda.

Jika Anda memakai make up, pastikan make up Anda natural dan tidak berlebihan. Hindari memakai warna-warna yang terlalu terang atau mencolok pada make up Anda.

Jika Anda memakai kacamata, pastikan kacamata Anda bersih dan tidak menghalangi pandangan Anda.

Percaya Diri

Terakhir, tapi tidak kalah penting, adalah percaya diri. Percaya diri adalah kunci sukses dalam melamar kerja.

Jika Anda percaya diri, Anda akan tampak lebih profesional, kompeten, dan menarik.

Percaya diri juga bisa membantu Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan interview dengan lebih baik dan tenang.

Percaya diri bisa datang dari berbagai hal, seperti pengetahuan, keterampilan, pengalaman, atau penampilan.

Jadi, jangan ragu untuk menunjukkan keunikan dan kelebihan Anda. Jangan takut untuk menjadi diri sendiri. Ingat, setiap orang adalah unik dan berharga.