News  

Survei LSI Mengejutkan, di Madura Paslon Ganjar Mahfud di Urutan Paling Buncit – Jurnal Faktual

Realita.id – Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis survei elektabilitas 3 paslon Pilpres 2024 di Jawa Timur. Yang mengejutkan, data survei elektabilitas di Madura. Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di urutan paling buncit.

Survei berdasarkan demografi, khusus wilayah Madura, LSI merilis Paslon Nomor urut 1. Anies Rasyid Baswedan – Muhaimin Iskandar memperoleh 42,3℅. Disusul Paslon nomor 2. Prabowo Subianto-Gibran Raka Buming Raka dengan dukungan 33,3%. Dan paslon nomor urut 3. Ganjar Pranowo-Mahfud MD di posisi paling buncit dengan angka 14,6%.

Adapun LSI dalam surveinya itu membagi Jawa Timur (Jatim) dalam empat wilayah: Tapal Kuda, Mataram, Arek, dan Madura.

Tapal Kuda terdiri dari Banyuwangi, Bondowoso, Jember, Probolinggo, Lumajang dan Situbondo.

Mataraman mencakup Blitar, Bojonenoro, Kediri, Madiun, Lamongan, Magetan, Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Tuban dan Tulungagung.

Arek mencakup Gresik, Jombang, Batu, Malang, Mojokerto, Pasuruan, Surabaya dan Sidoarjo.

Sementara Madura hanya berisi Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

LSI menemukan bahwa di Tapal Kuda, Mataraman, dan Arek, pasangan Prabowo masih yang paling kuat.

Rata-rata suara Prabowo di tiga wilayah ini di atas 40 persen.

Bahkan di Tapal Kuda, Prabowo – Gibran meraup 53 persen suara.

Di tiga wilayah di atas pasangan Ganjar – Mahfud meraih suara lebih baik, di kisaran 18 sampai 31 persen.

Di sisi lain, Anies – Muhaimin hanya unggul di Madura.

Di tiga wilayah lain, pasangan nomor urut 1 ini hanya meraih suara rata-rata 10 persen.

Prabowo – Gibran Juara di Jatim

Survei LSI menemukan pasangan nomor urut 2, Prabowo – Gibran jauh meninggalkan Ganjar – Mahfud dan Anies – Muhaimin dengan gap hingga 20 persen dalam pemilihan presiden di Jawa Timur. Survei berdasarkan demografi, khusus wilayah Madura, LSI merilis Paslon Nomor urut 1. Anies Rasyid Baswedan – Muhaimin Iskandar memperoleh 42,3℅. Disusul Paslon nomor 2. Prabowo Subianto-Gibran Raka Buming Raka dengan dukungan 33,3%. Dan paslon nomor urut 3. Ganjar Pranowo-Mahfud MD di posisi paling buncit dengan angka 14,6%.

LSI menemukan bahwa Prabowo dipilih oleh 46,7 persen responden, sementara Ganjar di urutan kedua dengan 26,6 persen dan di urutan terakhir ada Anies (16,2 persen).

“Bila pilpres diadakan pada saat survei dilakukan, maka pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan keluar sebagai pemenang,” terang Djayadi Hannan, direktur LSI dalam siaran persnya. Jumat (5/1/2024). 

Dalam survei itu juga ditemukan bahwa mereka yang puas dengan kinerja presiden Jokowi lebih cenderung memilih pasangan Prabowo – Gibran dalam Pemilu mendatang.

Nyaris 50 persen pemilih yang puas dengan kerja Jokowi mendukung Prabowo – Gibran, sementara sisanya tercecer di antara Ganjar (28 persen) dan Anies (13 persen).

Selain itu para pemilih Jokowi di Pemilu 2019 lalu juga lebih banyak berkumpul di kubu Prabowo. Sekitar 43 persen responden yang mengaku memilih Jokowi di pemilu lalu, kini beralih ke Prabowo.

Sementara dari pemilih Prabowo di 2019, sebanyak 66 persen masih bertahan, sekitar 23 persen beralih ke pasangan Anies – Muhaimin dan sisanya sekitar 7 persen ke kubu Ganjar – Mahfud MD.