News  

Sukses Turun 30 Kg, Ini Rahasia Diet Kahiyang Ayu – Jurnal Faktual

Realita.idKahiyang Ayu, putri Presiden Joko Widodo, menjadi sorotan publik karena berhasil menurunkan berat badannya hingga 30 kg dalam kurun waktu satu tahun.

Bagaimana kisah dan rahasia diet Kahiyang Ayu? Simak ulasan berikut ini.

Kahiyang Ayu mengawali tahun 2024 dengan berbagi kabar bahagia melalui akun Instagram pribadinya, @ayanggkahiyang.

Ia mengungkapkan bahwa pencapaian terbesarnya di tahun 2023 adalah berhasil diet dan menurunkan berat badannya sebanyak 30 kg.

“Kalo ditanya, di tahun 2023 apa yang tercapai? Jawabannya berhasil diet!! Udah turun berapa kg emangnya? Alhamdulillah udah turun 30 kg (sebuah prestasi dalam hidup),” tulis Kahiyang Ayu pada 1 Januari 2024.

Ibu tiga anak ini juga menceritakan alasan dan motivasinya untuk melakukan diet ketat.

Menurutnya, ia sudah lelah mendapat hinaan dan body-shaming dari orang-orang, baik yang dikenal maupun tidak, karena tubuhnya yang gemuk.

“Kenapa akhirnya diet? Menepati sebuah janji buat diet dan karena udah capek aja kena hina (sama yang kenal dan nggak kenal sekalipun) gara-gara badan gemoy,” ungkapnya.

Kahiyang Ayu mengaku pernah merasa nyaman dengan tubuhnya, meski menurut standar banyak orang tubuhnya sudah terlalu gemuk.

Namun, pada akhirnya, ia memutuskan untuk diet ketat karena berat badannya yang makin sulit terkontrol.

“Kalau ditanya, dietnya susah nggak? Jawabannya sih, enggak. Yang susah itu nyari niat buat diet dan konsisten buat diet. Aku butuh 5 tahun buat mencari niat,” jelasnya.

Kahiyang Ayu tidak menjelaskan secara detail metode diet yang ia lakukan. Ia hanya menekankan pentingnya kesehatan dan mencintai diri sendiri dengan diet yang dijalani.

Ia juga mengatakan bahwa ia tidak bermaksud pamer atau menghina orang lain dengan kisahnya.

“Aku cerita gini cuma mau berbagi saja, bukan buat pamer atau bahkan menghina, yang terpenting kita sehat dan lebih mencintai diri sendiri,” tutupnya.

Apa Kata Pakar Gizi?

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang diet Kahiyang Ayu, kami mencoba menghubungi pakar gizi dari Institut Pertanian Bogor, Dr. Dodik Briawan.

Beliau adalah salah satu penulis paper berjudul “Can We Say What Diet Is Best for Health?” yang dipublikasikan pada tahun 2022.

Menurut Dr. Dodik, tidak ada satu pun metode diet yang paling efektif, tapi ada elemen umum dalam pola makan yang terbukti bermanfaat bagi kesehatan.

Elemen tersebut adalah hanya mengonsumsi makanan segar, bukan makanan olahan atau siap saji.

“Diet makanan yang dekat dengan alam, terutama sayur dan buah, sangat terkait dengan peningkatan kesehatan dan pencegahan penyakit,” ujar Dr. Dodik.

Dr. Dodik juga menyarankan agar diet dilakukan dengan cara yang sehat dan tidak berlebihan. Ia mengingatkan bahwa diet yang terlalu ekstrem atau tidak seimbang dapat berdampak negatif bagi tubuh.

“Diet harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing individu. Jangan sampai diet malah menyebabkan kekurangan gizi, gangguan metabolisme, atau bahkan gangguan psikologis,” tegasnya.

Dr. Dodik menambahkan bahwa diet harus diimbangi dengan aktivitas fisik yang cukup dan teratur.

Ia mengatakan bahwa olahraga dapat membantu membakar kalori, meningkatkan metabolisme, dan menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

“Olahraga juga dapat meningkatkan mood, mengurangi stres, dan meningkatkan kepercayaan diri. Olahraga yang disarankan adalah minimal 150 menit per minggu untuk aktivitas aerobik sedang atau 75 menit per minggu untuk aktivitas aerobik berat,” paparnya.

Inspirasi bagi Banyak Orang

Kisah dan rahasia diet Kahiyang Ayu tentu menjadi inspirasi bagi banyak orang, terutama mereka yang ingin menurunkan berat badan dan hidup lebih sehat.

Dengan niat dan konsistensi yang kuat, serta pola makan dan olahraga yang sehat dan seimbang, diet bukanlah hal yang mustahil.

Semoga kisah Kahiyang Ayu dapat memotivasi kita semua untuk lebih peduli dengan kesehatan dan kebugaran tubuh kita. Selamat diet dan tetap sehat!