News  

Sosok Aminah Cendrakasih, Bintang Film dan Sinetron yang Jadi Google Doodle – Jurnal Faktual

Realita.id – Hari ini, 29 Januari 2024, dunia maya dikejutkan dengan kehadiran seorang legenda perfilman Indonesia di halaman utama mesin pencari terbesar di dunia, Google. Ya, sosok yang dimaksud adalah aktris senior dan legendaris, Aminah Cendrakasih.

Mengenang Aminah Cendrakasih

Aminah Cendrakasih lahir pada 29 Januari 1938 di Magelang, Jawa Tengah. Ia berasal dari keluarga yang menggeluti dunia hiburan. Ayahnya berprofesi sebagai komedian, sedangkan ibunya adalah seorang aktris. Di usia remaja, Aminah sudah mengikuti jejak orangtuanya untuk berkarir di dunia hiburan⁴.Pada 1955, ia memulai debutnya dalam film “Oh, Ibuku”.

Pada tahun yang sama, ia beradu akting dengan ibunya sendiri dalam film “Gambang dari Semarang” dan mendapatkan peran utama pertamanya dalam film “Ibu dan Putri”.

Aminah Cendrakasih dalam Google DoodleGoogle Doodle hari ini menampilkan karikatur Aminah Cendrakasih dengan mengenakan kerudung krem di dalam bingkai televisi analog yang menandai puncak kariernya pada saat itu. Selain itu, terdapat juga batik motif buketan bunga yang diselipkan tulisan Google dalam Google Doodle Aminah Cendrakasih itu.

Peran Ikonis sebagai Mak Nyak

Aminah Cendrakasih dikenal luas oleh masyarakat Indonesia melalui perannya sebagai Mak Nyak di sinetron populer “Si Doel Anak Sekolahan”.Dalam sinetron tersebut, ia berhasil membawakan karakter Mak Nyak dengan sangat meyakinkan, sehingga berhasil mencuri perhatian penonton.

Mengenang Aminah Cendrakasih

Aminah Cendrakasih meninggal dunia pada 21 Desember 2022 di Tangerang Selatan, Banten. Namun, kenangan tentang dirinya masih terus hidup dalam hati masyarakat Indonesia, terutama melalui perannya dalam berbagai film dan sinetron.

Dengan ditampilkannya Aminah Cendrakasih dalam Google Doodle hari ini, semoga semakin banyak generasi muda yang mengenal dan menghargai jasa-jasa beliau dalam industri hiburan Indonesia.