News  

Situs Penyaring Produk Israel Scam? – Realita.id

Realita.idSaat konflik Israel-Palestina memanas, banyak masyarakat Indonesia yang ingin berkontribusi dengan cara memboikot produk-produk yang berafiliasi dengan Israel.

Namun, bagaimana cara mengetahui produk mana saja yang terkait dengan negara penjajah tersebut? Salah satu situs yang menawarkan solusi adalah bdnaash-.

Bdnaash- adalah situs yang mengklaim dapat memeriksa apakah suatu produk atau merek memiliki keterkaitan dengan perusahaan yang mendukung pendudukan Israel di Palestina.

Caranya cukup mudah, pengguna hanya perlu memasukkan nama produk yang ingin diperiksa di kolom pencarian, lalu situs akan memberikan informasi apakah produk tersebut terkait dengan Israel atau tidak.

Namun, seberapa valid informasi yang diberikan oleh bdnaash-? Apakah situs ini dapat dipercaya sebagai sumber referensi untuk memboikot produk Israel?

Atau malah sebaliknya, situs ini justru merupakan scam yang menyesatkan pengguna?

Menurut analisis dari webparanoid-, sebuah situs yang menguji keamanan dan keabsahan situs web lain, bdnaash- ditandai sebagai situs yang mencurigakan. Ada beberapa alasan mengapa situs ini dipandang tidak dapat dipercaya, antara lain:

  • Situs ini baru dibuat kurang dari 30 hari yang lalu. Ini merupakan tanda merah, karena kebanyakan situs scam dibuat dan langsung digunakan.
  • Situs ini memiliki tetangga situs yang merupakan situs scam. Ini terjadi jika situs dibuat di hosting gratis, atau menggunakan layanan seperti Cloudflare, atau pemilik situs ini secara massal membuat situs scam.
  • Situs ini mengalihkan web crawler kami ke situs lain. Sering kali, situs melakukan ini untuk menyembunyikan konten dari kami. Jika Anda membuka situs dan tidak dialihkan – ini merupakan tanda merah.
  • Situs ini tidak dikunjungi oleh banyak pengguna. Untuk beberapa kasus tertentu, ini normal. Tetapi untuk situs belanja online, ini merupakan tanda penting untuk membuat keputusan tentang interaksi dengan situs ini.

Selain itu, situs bdnaash- juga tidak memberikan informasi tentang siapa yang mengelola situs, apa tujuan situs, bagaimana cara situs mendapatkan data produk, dan bagaimana cara menghubungi situs jika ada pertanyaan atau keluhan. Ini menunjukkan bahwa situs ini tidak transparan dan tidak profesional.

Lalu, apa alternatif yang dapat digunakan untuk mengecek produk Israel? Menurut detikFinance, salah satu cara lain adalah menggunakan BDS Movement, sebuah platform yang tersambung dengan warganet seluruh dunia.

Platform ini didukung oleh serikat pekerja, gereja, LSM, dan gerakan yang mewakili jutaan orang di setiap benua dan terdapat kampanye BDS yang dinamis di komunitas-komunitas di seluruh dunia.

BDS Movement menyediakan daftar perusahaan dan produk yang beroperasi baik dengan Israel maupun di atas tanah Palestina. Situs web resmi gerakan ini adalah bdsmovement.net/get-involved/what-to-boycott.

Selain mengetahui produk yang terhubung dengan Israel, melalui situs ini, pengguna juga dapat berpartisipasi dalam berbagai kampanye untuk mendukung Palestina.

Namun, perlu diingat bahwa memboikot produk Israel bukanlah satu-satunya cara untuk mendukung Palestina.

Ada banyak cara lain yang dapat dilakukan, seperti menyumbang ke organisasi kemanusiaan yang bekerja di Palestina, mengadvokasi hak-hak Palestina di forum internasional, atau bahkan hanya dengan menyebarkan kesadaran tentang isu ini di lingkungan sekitar kita.

Jadi, sebelum menggunakan situs seperti bdnaash-, pastikan untuk melakukan pengecekan dan verifikasi sendiri.

Jangan mudah percaya dengan informasi yang diberikan oleh situs yang tidak jelas keabsahannya. Ingat, pengetahuan adalah kunci untuk membuat keputusan yang tepat dan bijaksana. Namun kita boleh positif thinking, dan menjadikan situs tersebut sebagai inspirasi untuk menelusuri lebih dalam produk yang pro Israel.