News  

Siap-siap Jadi ASN! – Jurnal Faktual

Realita.idPara pencari kerja yang lagi ngejar cita-cita jadi abdi negara! Udah pada siap-siap belom buat ngejar kesempatan emas jadi CPNS tahun ini

Kalo belum, chill aja, karena gue punya beberapa tips jitu buat lo yang pengen banget lolos seleksi CPNS 2024! Siap-siap jadi PNS, bro!

1. Kenali Formasi dan Syaratnya

Pertama-tama, sebelum lo ngelamar CPNS, pastikan lo udah paham betul tentang formasi yang lo incar dan syarat-syaratnya.

Jangan sampai lo salah pilih formasi atau nggak memenuhi syarat yang dibutuhkan.

Biasanya, setiap instansi punya formasi dan syarat yang berbeda-beda, jadi pastikan lo teliti sebelum milih.

2. Persiapkan Dokumen dengan Matang

Nggak bisa dipungkiri, proses seleksi CPNS itu ribet banget, bro! Salah satu kuncinya adalah persiapan dokumen yang matang.

Pastikan lo udah punya semua dokumen yang diperlukan, mulai dari ijazah, transkrip nilai, sertifikat pelatihan, dan dokumen-dokumen lainnya. Jangan sampe ada yang ketinggalan, ya!

3. Pelajari Materi Tes CPNS

Nah, yang satu ini penting banget, bro! Persiapkan diri lo dengan baik dengan mempelajari materi tes CPNS.

Biasanya, tes CPNS meliputi tes potensi akademik, tes wawasan kebangsaan, tes karakteristik pribadi, dan tes kompetensi bidang.

Jadi, pastikan lo udah siapin diri lo dengan belajar materi-materi yang akan diujikan.

4. Rajin Berlatih Soal

Latihan adalah kunci sukses, bro! Rajin-rajinlah berlatih soal-soal CPNS agar lo bisa lebih familiar dengan format dan jenis soal yang akan dihadapi.

Banyak kok buku-buku dan situs-situs yang menyediakan bank soal CPNS, jadi lo bisa memanfaatkannya untuk latihan.

5. Perhatikan Waktu dan Teknik Mengerjakan Soal

Selain memahami materi, lo juga perlu memperhatikan waktu dan teknik mengerjakan soal.

Biasanya, tes CPNS itu terbatas waktu, jadi lo harus bisa membagi waktu dengan bijak untuk setiap bagian tes.

Selain itu, cari tahu juga teknik-teknik mengerjakan soal yang efektif agar lo bisa menyelesaikan soal dengan cepat dan tepat.