News  

Shock Sepeda Motor Bocor? Jangan Panik, Ini Cara Mengatasinya – Realita.id

Realita.id – Shock sepeda motor adalah salah satu komponen penting yang berfungsi untuk meredam kejutan saat berkendara di jalan yang tidak rata, bergelombang, atau berlubang. Shock sepeda motor juga berpengaruh pada kenyamanan dan kestabilan pengendara. Namun, apa yang terjadi jika shock sepeda motor bocor? Apakah harus diganti dengan yang baru atau bisa diperbaiki?

Shock sepeda motor bocor biasanya ditandai dengan adanya rembesan oli yang membasahi tabung shock. Hal ini disebabkan oleh kerusakan pada seal atau karet penutup yang tidak lagi rapat. Akibatnya, oli yang berada di dalam tabung shock keluar dan mengurangi tekanan udara yang menopang peredam kejut. Shock sepeda motor yang bocor akan membuat kendaraan menjadi keras, tidak nyaman, dan mudah oleng.

Shock sepeda motor bocor tidak selalu harus diganti dengan yang baru. Ada beberapa cara untuk memperbaikinya, tergantung pada tingkat kerusakannya. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba:

– Mengganti seal atau karet penutup shock. Cara ini bisa dilakukan jika kerusakan hanya terjadi pada bagian ini saja. Anda bisa membeli seal atau karet penutup yang sesuai dengan ukuran dan jenis shock sepeda motor Anda. Kemudian, Anda harus membongkar shock sepeda motor, mengeluarkan oli yang lama, membersihkan tabung dan as shock, dan memasang seal atau karet penutup yang baru. Setelah itu, Anda harus mengisi kembali oli yang baru sesuai dengan takaran dan aturan. Anda bisa menggunakan oli shock sepeda motor yang dijual di pasaran, atau menggunakan oli mesin yang memiliki viskositas yang sesuai. Jangan lupa untuk memasang kembali ring pengunci dan karet tutup shock dengan rapat.

– Mengganti as shock. Cara ini bisa dilakukan jika kerusakan terjadi pada as shock yang baret atau bengkok. As shock adalah batang logam yang menghubungkan tabung shock dengan roda. Jika as shock baret atau bengkok, maka akan menyebabkan gesekan dengan seal atau karet penutup yang bisa membuatnya bocor. Anda bisa membeli as shock yang baru yang sesuai dengan ukuran dan jenis shock sepeda motor Anda. Kemudian, Anda harus membongkar shock sepeda motor, mengeluarkan oli yang lama, membersihkan tabung dan seal atau karet penutup, dan memasang as shock yang baru. Setelah itu, Anda harus mengisi kembali oli yang baru sesuai dengan takaran dan aturan. Anda juga bisa mencoba mengamplas as shock yang baret agar menjadi rata lagi, tetapi cara ini tidak menjamin akan awet.

– Mengganti shock sepeda motor. Cara ini bisa dilakukan jika kerusakan terjadi pada tabung shock yang bocor atau retak. Tabung shock adalah tempat dimana oli dan udara berada untuk menopang peredam kejut. Jika tabung shock bocor atau retak, maka oli dan udara akan keluar dan tidak bisa menahan kejutan. Anda bisa membeli shock sepeda motor yang baru yang sesuai dengan ukuran dan jenis sepeda motor Anda. Kemudian, Anda harus membongkar shock sepeda motor yang lama, dan memasang shock sepeda motor yang baru. Anda juga bisa memilih shock sepeda motor yang memiliki kualitas yang lebih baik, atau yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi shock sepeda motor bocor. Anda bisa memilih cara yang paling sesuai dengan kondisi dan anggaran Anda. Namun, sebelum melakukan perbaikan, ada baiknya Anda memeriksa terlebih dahulu penyebab dari kebocoran shock sepeda motor Anda. Beberapa faktor yang bisa menyebabkan shock sepeda motor bocor adalah:

– Usia shock sepeda motor yang sudah tua. Shock sepeda motor yang sudah tua biasanya sudah mengalami keausan pada seal atau karet penutup, as shock, atau tabung shock. Hal ini bisa membuat oli dan udara keluar dengan mudah dan menyebabkan kebocoran.

– Penggunaan shock sepeda motor yang tidak sesuai. Shock sepeda motor yang tidak sesuai dengan ukuran dan jenis sepeda motor Anda bisa menyebabkan ketidakseimbangan pada kendaraan. Hal ini bisa membuat shock sepeda motor bekerja lebih keras dan mengalami tekanan yang berlebihan. Akibatnya, shock sepeda motor bisa bocor atau rusak.

– Kotoran yang menempel pada shock sepeda motor. Kotoran yang menempel pada shock sepeda motor bisa menyebabkan gesekan dengan seal atau karet penutup, as shock, atau tabung shock. Hal ini bisa membuat shock sepeda motor bocor atau rusak. Oleh karena itu, Anda harus membersihkan shock sepeda motor secara rutin dan menghindari jalan yang berlumpur atau berdebu.

Shock sepeda motor bocor bukanlah hal yang bisa dianggap sepele. Shock sepeda motor bocor bisa mengganggu kenyamanan dan keamanan Anda saat berkendara. Oleh karena itu, Anda harus segera mengatasinya dengan cara yang tepat. Jika Anda merasa tidak yakin atau tidak bisa melakukan perbaikan sendiri, Anda bisa membawa sepeda motor Anda ke bengkel terpercaya yang bisa menangani masalah shock sepeda motor bocor dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berkendara dengan aman dan nyaman.

Penulis: Saiful Rahman