News  

Sejarah dan Variasi Sepatu Ikonis – Jurnal Faktual

Realita.idAdidas Samba, sepatu yang awalnya dirancang untuk olahraga sepak bola, telah berkembang menjadi ikon gaya hidup dan budaya.

Dengan sejarah yang panjang dan beragam variasi, mari kita telusuri lebih dalam tentang Adidas Samba.

Sejarah Adidas Samba

Adidas Samba pertama kali dirilis pada tahun 1949 dan hingga kini masih menjadi bagian dari koleksi Adidas.

Sepatu ini awalnya dirancang oleh pendiri Adidas, Adolf “Adi” Dassler, untuk meningkatkan traksi pada permukaan es dan tanah beku.

Nama “Samba” diambil dari musik dan tarian asal Brasil, menandakan sepatu ini juga dirancang untuk digunakan di iklim yang lebih hangat.

Variasi Adidas Samba

Adidas Samba telah mengalami berbagai evolusi sepanjang waktu, dengan berbagai variasi yang dirancang untuk berbagai kebutuhan dan gaya.

  • Samba OG: Ini adalah siluet Samba klasik dan paling umum di pasaran. Biasanya, pasangan ini dilapisi kombinasi kulit dan suede dengan sol karet kontras dan branding Three-Stripe klasik.
  • Samba Classic: Dibuat untuk penggunaan sepak bola indoor, Samba Classic memiliki lidah yang lebih panjang dan bangunan sintetis ringan dengan sol yang tidak meninggalkan bekas dan disuntikkan EVA.
  • Samba Vegan: Seperti namanya, Samba Vegan dibuat dengan kulit sintetis dan tidak menggunakan produk hewani.
  • Velosamba: Adidas Velosamba memiliki penampilan seperti Samba biasa di bagian atas, tetapi di bawah midsole terdapat lubang yang cocok untuk cleat pedal dua-bolt, seperti Shimano SPD atau Time ATAC.
  • Samba Recon LT: Salah satu siluet Samba paling langka hingga saat ini, dirilis pada tahun 2018 sekitar waktu Piala Dunia FIFA Rusia.
  • Samba Super: Dirancang untuk jalanan bukan lapangan, dengan bangunan yang lebih tebal, sol busa yang lebih ramping di bagian belakang, dan outsole yang diperpanjang di bagian depan.
  • Samba Rose: Diperkenalkan sekitar tahun 2018 sebagai iterasi berukuran wanita.
  • Samba RM: Mencoba ‘memodernisasi tampilan warisan’ melalui penggabungan sol BOOST, branding lateral tambahan yang berbunyi ‘S4M3A’, dan midsole yang sedikit ditinggikan.
  • Samba ADV: Edisi ADV ini adalah Samba yang dibuat untuk skate.

Kesimpulan

Adidas Samba telah berkembang dari sepatu olahraga menjadi ikon gaya hidup dan budaya. Dengan berbagai variasi yang tersedia, Adidas Samba menawarkan pilihan untuk setiap gaya dan kebutuhan. Sepatu ini tidak hanya fokus pada penampilan, tetapi juga pada kinerja dan daya tahan.

Dengan bahan-bahan premium dan detail-detail menarik, Adidas Samba terus menjadi pilihan utama bagi banyak orang.