News  

Sampah Rumah Tangga Bisa Jadi Biogas, Mau Tau Caranya? – Jurnal Faktual

Realita.id – Limbah rumah tangga seperti sisa makanan, kotoran hewan, atau sampah organik lainnya seringkali dianggap sebagai masalah yang mengganggu dan mencemari lingkungan.

Namun, tahukah Anda bahwa limbah-limbah tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif yang hemat dan ramah lingkungan? Jawabannya adalah biogas.

Biogas adalah gas yang dihasilkan dari proses fermentasi bahan-bahan organik oleh bakteri anaerob, yaitu bakteri yang hidup tanpa oksigen.

Biogas mengandung metana (CH4) sekitar 50-70 persen, karbon dioksida (CO2) sekitar 30-40 persen, dan gas-gas lainnya dalam jumlah kecil.

Biogas dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak, penerangan, atau pembangkit listrik.

Salah satu keuntungan dari biogas adalah dapat diproduksi secara sederhana dan murah di rumah, dengan menggunakan alat yang disebut digester.

Digester adalah wadah tertutup yang berfungsi sebagai tempat fermentasi bahan-bahan organik.

Digester dapat dibuat dari berbagai bahan, seperti drum plastik, tangki baja, atau bahkan kantong plastik.

Cara membuat biogas dengan digester sederhana adalah sebagai berikut:

  • Siapkan bahan-bahan organik yang akan difermentasi, seperti sisa makanan, kotoran hewan, atau sampah organik lainnya. Potong-potong bahan-bahan tersebut menjadi ukuran kecil agar mudah terurai.
  • Masukkan bahan-bahan organik ke dalam digester yang sudah berisi air. Perbandingan antara bahan organik dan air adalah sekitar 1:1 atau 1:2, tergantung pada jenis bahan organik dan konsistensi yang diinginkan.
  • Tutup rapat digester dan pastikan tidak ada udara yang masuk ke dalamnya. Biarkan proses fermentasi berlangsung selama beberapa minggu hingga biogas terbentuk. Biogas akan terakumulasi di bagian atas digester dan dapat dikeluarkan melalui pipa atau selang yang terhubung dengan kompor, lampu, atau generator.
  • Sisa fermentasi yang tersisa di dalam digester dapat digunakan sebagai pupuk organik yang kaya akan unsur hara.

Dengan cara membuat biogas sederhana ini, Anda dapat menghemat pengeluaran untuk bahan bakar, sekaligus mengurangi dampak negatif limbah rumah tangga terhadap lingkungan.

Biogas juga dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca yang menyebabkan pemanasan global, karena biogas mengandung lebih sedikit karbon dioksida daripada bahan bakar fosil.

Biogas juga tidak menghasilkan asap yang berbahaya bagi kesehatan.

Biogas dari limbah rumah tangga adalah salah satu contoh pemanfaatan energi terbarukan yang dapat dilakukan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja.

Biogas adalah solusi hemat energi dan ramah lingkungan yang layak dicoba.