News  

Rekomendasi Ahli Psikolog – Jurnal Faktual

Realita.idDalam beberapa tahun terakhir, tanaman hias telah menjadi tren di kalangan masyarakat.

Namun, lebih dari sekadar dekorasi, tanaman hias ternyata memiliki manfaat yang signifikan bagi kesehatan mental. Berikut adalah empat tanaman hias yang direkomendasikan oleh ahli psikologi untuk meningkatkan kesehatan mental.

1. Weeping Fig (Ficus benjamina)

Weeping fig, atau yang dikenal juga dengan nama Ficus benjamina, adalah salah satu tanaman hias yang sangat efektif dalam meningkatkan suasana hati.

Selain itu, weeping fig juga dikenal dengan khasiatnya sebagai pemurni udara, menghilangkan polutan dalam ruangan dan meningkatkan kualitas udara.

Tanaman ini tumbuh subur di bawah cahaya yang terang dan tidak langsung, serta lebih menyukai penyiraman yang konsisten.

2. Kaktus

Meski tampak kurang menenangkan dibandingkan dengan tanaman lainnya, kaktus ternyata memiliki manfaat yang signifikan bagi kesehatan mental.

Merawat kaktus dapat berfungsi sebagai bentuk meditasi, yang memungkinkan seseorang untuk fokus pada saat ini dan menemukan rasa tenang dan rileks.

3. Snake Plant (Sansevieria)

Snake plant, atau yang lebih dikenal dengan lidah mertua, adalah tanaman hias yang populer dan mudah dirawat.

Tanaman ini dikenal dapat meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan dengan menyerap polutan dan menghasilkan oksigen, terutama di malam hari.

Selain itu, snake plant juga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati.

4. Spider Plant (Chlorophytum comosum)

Spider plant, atau tanaman laba-laba, adalah tanaman hias yang mudah dirawat dan tahan lama. Tanaman ini dikenal dapat membersihkan udara di dalam ruangan dari berbagai polutan, termasuk formaldehida dan karbon monoksida.

Selain itu, merawat spider plant juga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati.

Dengan demikian, memiliki tanaman hias di rumah tidak hanya membuat ruangan menjadi lebih indah, tetapi juga dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan mental. Jadi, tidak ada salahnya untuk mulai menambahkan beberapa tanaman hias di rumah Anda.