News  

Rambut Lemes Anti Lepek? Bisa! Ini Dia Tipsnya – Jurnal Faktual

Realita.id – Rambut lemas adalah salah satu gaya rambut yang banyak diminati oleh orang-orang, baik laki-laki maupun perempuan.

Rambut lemas memberikan kesan rapi, elegan, dan kekinian.

Namun, tidak semua orang memiliki rambut yang mudah diatur menjadi lemas.

Ada beberapa faktor yang membuat rambut menjadi kaku, mengembang, atau kering, seperti jenis rambut, cuaca, pola keramas, produk rambut, dan cara menata rambut.

Bagi Moms dan Dads yang ingin mencoba gaya rambut lemas, tidak perlu khawatir.

Ada beberapa cara dan tips yang bisa diterapkan untuk membuat rambut lemas dan lebih mudah diatur.

Cara dan tips ini cukup sederhana dan menggunakan bahan-bahan alami yang tidak merusak rambut.

Berikut adalah beberapa cara dan tips yang bisa Moms dan Dads coba:

  • Jangan sering keramas. Keramas setiap hari dapat membuat rambut terlihat lepek dan kering bagi sebagian orang. Hal ini karena keramas setiap hari dapat menghilangkan minyak alami rambut yang berfungsi sebagai pelindung dan pelembap rambut. Cukup keramas 2–3 hari sekali saja. Selain itu, perhatikan juga sampo dan produk rambut lain yang sedang dipakai. Pilih sampo dan produk rambut yang sesuai dengan jenis rambut dan kulit kepala.
  • Selalu gunakan kondisioner. Kondisioner adalah produk rambut yang membantu mengunci kelembapan dan membuat rambut lebih lembut dan lemas. Gunakan kondisioner setiap kali keramas, tetapi hanya pada ujung rambut dan bukan pada kulit kepala atau seluruh panjangnya. Biarkan kondisioner meresap selama 2–5 menit dan bilas setelah keramas. Kondisioner juga dapat memberikan perlindungan dari sinar matahari yang dapat merusak rambut.
  • Sisir rambut dengan benar. Cara menyisir rambut juga berpengaruh pada tampilan rambut lemas. Sisir rambut ke belakang, sehingga memungkinkan struktur tulang wajah juga akan mendapat perhatian lebih. Gunakan jenis sisir yang paling pas untuk jenis rambut. Misalnya, sisir bergigi jarang digunakan untuk rambut yang freezy atau sulit diatur. Sisir rambut dengan lembut dan jangan menariknya terlalu keras.
  • Oleskan minyak rambut alami. Bagi Moms yang memiliki rambut kering, hindari keramas tanpa memberikan produk rambut berbahan alami. Cobalah untuk mengoleskan minyak rambut setidaknya selama 1 jam sebelum keramas. Moms dapat menggunakan produk yang menyehatkan rambut, seperti minyak kelapa, zaitun, almond, atau argan. Memijat kulit kepala dengan minyak sangat baik untuk kulit kepala kering dan merangsang pertumbuhan rambut.
  • Gunakan masker rambut. Menggunakan masker rambut seminggu sekali dapat membantu mempertahankan minyak di rambut dan membuat rambut lebih lemas. Oleskan salah satu masker rambut alami yang Moms sukai selama 1 jam. Setelah itu bilas dan berikan kondisioner rambut. Masker rambut alami yang bisa dicoba antara lain masker kuning telur, masker madu, masker alpukat, atau masker lidah buaya.
  • Keringkan rambut dengan baik. Setelah keramas, jangan lupa untuk segera mengeringkan rambut, ya, Moms. Ini membuat rambut jadi lebih halus dan lemas. Moms juga bisa menggunakan kondisioner tanpa bilas supaya rambut tetap lembut dan berkilau. Jika menggunakan hair dryer, atur suhunya pada tingkat rendah dan jangan terlalu dekat dengan rambut. Jika tidak menggunakan hair dryer, keringkan rambut dengan handuk yang lembut dan jangan menggosoknya terlalu keras.
  • Potong rambut secara rutin. Memotong rambut secara rutin dapat menghilangkan ujung rambut yang bercabang, kusam, atau rusak. Ini akan membuat rambut lebih sehat, lemas, dan mudah diatur. Moms bisa memilih potongan rambut yang sesuai dengan bentuk wajah dan gaya yang diinginkan. Potongan rambut yang cocok untuk rambut lemas antara lain bob, pixie, layer, atau ponytail.

Itulah beberapa cara dan tips untuk membuat rambut lemas yang bisa Moms dan Dads coba.

Rambut lemas tidak hanya memberikan kesan rapi dan elegan, tetapi juga menunjukkan perawatan rambut yang baik.

Dengan rambut lemas, Moms dan Dads bisa tampil lebih percaya diri dan menarik. Selamat mencoba!