News  

PSM Makassar Menang 3-1 Atas Sabah di Laga Terakhir AFC Cup – Jurnal Faktual

Realita.id – PSM Makassar berhasil mengakhiri perjalanan mereka di AFC Cup musim ini dengan kemenangan 3-1 atas Sabah FA di Stadion Likas, Kinabalu, Kamis (14/12/2023). Gol-gol PSM dicetak oleh Yakob Sayuri, Dominic Tan (gol bunuh diri), dan Everton.

PSM yang sudah tidak punya peluang lolos ke semifinal zona ASEAN, tampil tanpa beban dan langsung mengambil inisiatif serangan sejak menit pertama.

Mereka unggul 1-0 pada menit ke-15, ketika Yakob Sayuri melepaskan tembakan jarak jauh yang menghujam sudut kanan atas gawang Sabah yang dikawal Khairul Fahmi.

Keunggulan PSM bertambah menjadi 2-0 pada menit ke-36, berkat gol bunuh diri Dominic Tan. Bek Sabah itu salah mengantisipasi umpan mendatar Everton dari sisi kiri dan mengarahkan bola ke gawang sendiri.

Sabah yang sudah memastikan lolos sebagai juara Grup H, mencoba bangkit di babak kedua dan menekan pertahanan PSM.

Mereka berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 pada menit ke-73, melalui sundulan Telmo Castanheira yang memanfaatkan umpan silang dari sisi kanan.

Namun, PSM tidak mau kehilangan poin dan terus mencari gol ketiga. Usaha mereka terbayar pada menit ke-90+2, ketika Everton menjebol gawang Sabah dari titik penalti setelah sebelumnya dilanggar oleh Khairul Fahmi di kotak terlarang.

Skor 3-1 untuk kemenangan PSM bertahan hingga laga usai. Hasil ini membuat PSM mengoleksi 10 poin dari enam pertandingan dan menempati posisi ketiga di Grup H.

Sedangkan Sabah tetap berada di puncak klasemen dengan 12 poin dan akan melaju ke semifinal zona ASEAN.

Wakil Indonesia di ajang AFC Cup musim ini sudah dipastikan habis. Satu wakil lain, Bali United juga tersingkir usai kalah 0-2 dari Terengganu di laga terakhir Grup G.