News  

Peresmian Kapal Terbesar di Dunia “Royal Caribbean Icon of The Seas”, yang Melebihi Besar Titanic – Jurnal Faktual

Realita.id – Dalam sebuah acara yang meriah, kapal pesiar terbesar di dunia, diberi nama Royal Caribbean Icon of The Seas, resmi memulai pelayarannya pada Sabtu, 26 Januari 2024. Dengan bobot mencapai 250.800 ton, kapal ini tak hanya memecahkan rekor sebagai kapal terbesar, tetapi juga mencapai ukuran yang lima kali lebih besar dari legendaris Titanic, membentang hampir 365 meter dari haluan ke buritan.

Pemberangkatan perdana kapal ini dimulai dari Pelabuhan Miami, Florida, Amerika Serikat. Seiring dengan perjalanan tujuh hari pertamanya, Icon of the Seas akan menjelajahi kawasan Karibia Timur, memberikan pengalaman liburan tak tertandingi bagi para penumpangnya.

“Icon of the Seas merupakan puncak dari imajinasi, inovasi, dan dedikasi kami selama lebih dari setengah abad – untuk menyajikan pengalaman liburan terbaik di dunia dengan tanggung jawab penuh,” kata Jason Liberty, Presiden dan CEO Royal Caribbean Group.

Fasilitas Mewah dan Ramah Lingkungan

Icon of the Seas dibagi menjadi delapan lingkungan yang tersebar di 20 dek. Kapal pesiar ini menawarkan fasilitas mewah tak terhitung, mulai dari enam seluncuran air, tujuh kolam renang, hingga arena seluncur es, teater megah, dan lebih dari 40 restoran, bar, serta lounge. Desainnya yang canggih dan kenyamanan luar biasa menciptakan suasana yang tak terlupakan bagi setiap penumpang.

Namun, tidak hanya tentang kemewahan semata, kapal ini juga menekankan pada keberlanjutan. Didukung oleh mesin bahan bakar ganda yang menggunakan gas alam cair (LNG) sebagai alternatif, Icon of the Seas berkontribusi dalam mengurangi emisi sulfur dan gas rumah kaca. Meskipun demikian, beberapa kalangan khawatir bahwa penggunaan LNG dapat meningkatkan emisi metana.

“Setiap kilowatt yang digunakan pada Icon of the Seas telah diselidiki untuk memastikan efisiensi energi dan pengurangan emisi,” jelas pihak Royal Caribbean, memberikan tanggapan atas keprihatinan masyarakat.

Respon Publik dan Kapasitas

Ketika Icon of the Seas pertama kali diumumkan kepada publik pada Oktober 2022, pesanan yang masuk mencapai rekor tertinggi dalam satu hari, menjadi tonggak sejarah dengan volume pemesanan tertinggi dalam 53 tahun sejarah Royal Caribbean. Dengan kapasitas maksimal hingga 7.600 penumpang, dan 2.350 awal kapal, Icon of the Seas siap memberikan pengalaman liburan yang luar biasa.

Perbandingan Ukuran dengan Titanic

Jika Titanic, yang dibangun pada tahun 1912, memiliki dimensi 882 kaki x 92 kaki x 175 kaki dengan volume 46.328 gross register tonnage (grt), maka Icon of the Seas memiliki ukuran yang jauh lebih besar: 1.184 kaki x 215 kaki x 238 kaki dengan volume 228.081 gross tonnage (gt). Perbandingan ini menunjukkan kemajuan pesat dalam dunia pelayaran, membenamkan Titanic dalam ukurannya yang monumental.

Kapal Pesiar Berbahan Bakar LNG

Pilihan menggunakan LNG sebagai bahan bakar kapal pesiar tidak hanya mengurangi emisi gas rumah kaca hingga 30%, tetapi juga menunjukkan komitmen Royal Caribbean dalam menjaga keberlanjutan. Meskipun beberapa pihak masih mengkhawatirkan potensi peningkatan emisi metana, perusahaan tetap berkomitmen untuk terus meningkatkan efisiensi energi dan mengurangi dampak lingkungan.

Kesimpulan

Dengan Icon of the Seas, Royal Caribbean membuka babak baru dalam industri pelayaran mewah. Meskipun mendapat apresiasi yang tinggi, kekhawatiran mengenai dampak lingkungan menjadi sorotan. Namun, dengan komitmen terus-menerus dalam inovasi dan keberlanjutan, Icon of the Seas menjadi simbol pengalaman liburan megah yang tetap memperhatikan tanggung jawab terhadap lingkungan.