News  

Penampakan Kuyang di Bogor Jadi Trending Topic, Apa Itu Kuyang dan Bagaimana Cara Menghindarinya – Jurnal Faktual

Realita.id – BOGOR – Warga Desa Cipenjo, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, dibuat heboh oleh adanya penampakan sosok gaib yang diduga kuyang.

Video yang memperlihatkan sosok tersebut viral di media sosial, khususnya Twitter, dan menjadi trending topic pada Rabu (17/1/2024).

Kuyang adalah makhluk mitologi yang dipercaya berwujud kepala manusia dengan organ tubuh tanpa kulit yang menuntut ilmu hitam untuk hidup abadi.

Kuyang dikenal masyarakat di Kalimantan, tetapi juga ada di beberapa daerah lain seperti Sulawesi dan Thailand.

Kuyang ditakuti karena suka menghisap darah bayi atau perempuan yang baru melahirkan.

Video yang menyebar di media sosial itu diunggah oleh akun TikTok @themonkdoank dan kemudian dibagikan oleh akun Twitter @convomf.

Dalam video tersebut, terlihat sosok putih yang mondar-mandir di depan pintu rumah warga. Dikabarkan, di dalam rumah itu ada bayi yang menjadi sasaran kuyang.

“Cw // hantu kuyang. Ini beneran gak sih ada kuyang di bogor? bukannya kuyang di Kalimantan aja ya? \uD83D\uDC99,” tulis akun @convomf.

Unggahan itu pun mendapat berbagai tanggapan dari netizen.

Sebagian ada yang percaya, sebagian ada yang meragukan, dan sebagian ada yang menganggapnya sebagai lelucon.

Beberapa netizen juga memberikan informasi tentang kuyang dari berbagai sumber.

“OOT, kuyang ga cuma ada di Kalimantan nder. Bahkan ada juga di Thailand. Kuyang disana disebut Krasue. Udah ada filmnya juga yg ngebahas hantu kuyang, judulnya inhuman kiss. Ada di netflix kalo mau nonton,” tulis akun @Jad**tas.

“kayaknya kuyang ada di beberapa daerah deh, di sulawesi juga ada,” tulis akun @gtu***rs.

“Aku liatin ini sambil merem2. Ku pikir bakalan dibuka pintunya.. taunya kaga \uD83D\uDE0C,” tulis akun @sya***na.

Menurut sumber TribunnewsBogor-, belum ada yang bisa memastikan kebenaran video tersebut. Namun, warga Desa Cipenjo merasa cemas dan waspada dengan adanya kabar tersebut.

Mereka berusaha untuk melindungi bayi dan ibu yang baru melahirkan dari gangguan kuyang.

Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan meletakkan benda-benda yang dipercaya bisa mengusir kuyang, seperti bawang merah, cermin, sisir, pisau, dan rumput jariangau.

Selain itu, mereka juga menggunakan tali ijuk sebagai tali ayunan bayi atau sebagai dinding rumah, karena kuyang takut dengan tali ijuk.

Sementara itu, pihak kepolisian setempat belum memberikan keterangan resmi terkait video viral tersebut.

Namun, mereka mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah terpancing oleh isu-isu yang belum tentu benar dan bisa menimbulkan keresahan.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak mudah percaya dengan video yang beredar di media sosial. Jika ada yang merasa terganggu atau melihat hal-hal mencurigakan, segera laporkan ke kami. Kami akan melakukan penyelidikan dan penindakan sesuai dengan hukum yang berlaku,” ujar Kapolsek Cileungsi, AKP Suryadi.