News  

Mengagumkan! Kini Bahasa Indonesia, Menjadi Bahasa Resmi UNESCO! – Realita.id

Realita.id – Dalam tonggak sejarah yang penuh kebanggaan, Bahasa Indonesia telah mencapai pengakuan baru sebagai bahasa resmi ke-10 yang diakui oleh Konferensi Umum UNESCO.

Dengan jumlah penutur mencapai sekitar 280 juta, Bahasa Indonesia akhirnya diajukan sebagai bahasa resmi pada konferensi ke-42 UNESCO melalui proposal dari Pemerintah Indonesia, dokumen bernomor kode 42 C/28 yang diterbitkan pada 6 November 2023.

Keberhasilan ini adalah hasil dari upaya gigih dan berkelanjutan dalam mempromosikan Bahasa Indonesia di panggung internasional.

Pengakuan ini menambah daftar prestasi Bahasa Indonesia di kancah internasional, yang telah diajarkan di 54 negara, menunjukkan jangkauan dan pengaruh yang luas.

Presiden Jokowi menyebut pencapaian ini sebagai “kebanggaan kita semua”. Bahasa Indonesia, yang telah lama menjadi kekuatan pemersatu di negara ini, kini mendapatkan pengakuan dan status yang pantas di tingkat internasional.

Pencapaian ini menandai babak baru dalam sejarah Bahasa Indonesia. Dengan status baru sebagai bahasa resmi UNESCO, Bahasa Indonesia memiliki platform global untuk berbicara dan didengar.

Ini merupakan langkah maju yang signifikan dalam upaya untuk mempromosikan dan melestarikan Bahasa Indonesia, serta meningkatkan pengaruh dan kehadirannya di panggung dunia.