News  

Membaca di Tempat Gelap, Apakah Benar Bisa Bikin Mata Rusak? – Jurnal Faktual

Realita.id – Membaca adalah salah satu kegiatan yang baik untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membaca, salah satunya adalah penerangan.

Apakah Anda pernah mendengar mitos bahwa membaca di tempat gelap bisa merusak mata?

Mitos ini mungkin sudah sering Anda dengar sejak kecil dari orangtua Anda. Mereka mungkin khawatir jika Anda membaca di tempat yang kurang cahaya, mata Anda akan menjadi rusak. Namun, apakah hal ini benar adanya?

Menurut para ahli, membaca di tempat gelap atau remang-remang sebenarnya tidak akan menyebabkan kerusakan permanen pada mata Anda.

Mata Anda memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan kondisi cahaya yang berbeda-beda.

Ketika Anda membaca di tempat gelap, pupil mata Anda akan membesar untuk memasukkan lebih banyak cahaya ke dalam retina, bagian mata yang mengubah cahaya menjadi sinyal saraf.

Namun, membaca di tempat gelap juga tidak baik untuk kesehatan mata Anda. Hal ini karena mata Anda akan bekerja lebih keras untuk fokus pada tulisan yang dibaca.

Akibatnya, mata Anda akan menjadi lelah, tegang, dan iritasi. Gejala-gejala yang mungkin Anda rasakan adalah sakit kepala, mata gatal, penglihatan kabur, dan sensitivitas cahaya.

Selain itu, membaca di tempat gelap juga bisa meningkatkan risiko rabun jauh (miopi) dan gangguan penglihatan lainnya.

Rabun jauh adalah kondisi di mana mata tidak bisa melihat benda yang jauh dengan jelas. Hal ini terjadi karena mata terlalu panjang atau kornea terlalu cembung, sehingga cahaya tidak difokuskan pada retina, melainkan di depannya.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda membaca di tempat yang memiliki penerangan yang cukup dan seimbang. Jangan membaca di bawah sinar matahari langsung atau lampu yang terlalu terang, karena hal ini juga bisa menyilaukan mata Anda.

Pilihlah sumber cahaya yang lembut dan sejuk, seperti lampu LED atau lampu hemat energi. Jaga juga jarak antara mata dan bacaan, sekitar 30-40 cm. Istirahatkan mata Anda setiap 20 menit dengan melihat benda yang jauh selama 20 detik.

Dengan cara ini, Anda bisa membaca dengan nyaman dan aman untuk mata Anda. Jangan biarkan mitos membaca di tempat gelap menghalangi Anda untuk menikmati bacaan favorit Anda. Tetaplah membaca dan jaga kesehatan mata Anda.