News  

Memahami Perbedaan Tunik, Blouse, dan Baju Kurung, Jangan Cuma Pakai Aja! – Jurnal Faktual

Realita.id – Dalam dunia fashion, terdapat berbagai jenis pakaian yang seringkali membuat kita bingung. Salah satunya adalah perbedaan antara tunik, blouse, dan baju kurung. Ketiganya memiliki ciri khas masing-masing yang membuatnya unik dan berbeda.

Ini dia yang namanya tunik:

Tunik adalah pakaian yang biasanya didesain secara simpel dengan panjang ke bawah mulai dari pinggul hingga betis. Tunik saat ini memiliki beragam bentuk, desain, dan aksen. Variasi pada kerah, lengan, dan bagian bawah tunik adalah beberapa variasi yang ditawarkan oleh tunik.

Dalam sejarahnya, tunik mulai digunakan oleh bangsa Romawi sebagai pakaian lelaki 3 tahun sebelum Masehi Pada masa itu, panjang tunik menunjukkan status sosial seseorang. Prajurit dan pekerja biasanya mengenakan tunik dengan panjang selutut.

Sedangkan kalangan dengan tingkat yang lebih tinggi biasanya memakai tunik sebetis. Jika baju kurung memiliki aturan khusus dalam pemakaian, maka penggunaan tunik cenderung lebih fleksibel untuk dipakai oleh siapa saja dan dipadukan dengan apa saja.

Mari kita bahas tentang blouse:

Blouse atau blus adalah jenis pakaian atas wanita yang memiliki siluet longgar, biasanya hadir dengan detail kerah, kancing, dan berbagai bentuk lengan menarik.

Siluet blus wanita biasanya didesain yang hanya sebatas panjang paha atau pinggul saja, berbeda dengan baju kurung dan tunik yang memiliki panjang hingga bagian lutut. Penggunaan blouse juga cenderung lebih santai, berbeda dengan koleksi kemeja yang lekat akan gaya formal.

Model blus wanita juga sangat beragam, saat ini banyak lini pakaian yang melansir koleksi blouse muslimah dengan siluet longgar dan lengan panjang.

Nah, ini dia yang namanya baju kurung:

Baju kurung adalah pakaian tradisional asal Melayu yang berarti baju tertutup karena menutupi tubuh hingga lutut. Baju ini menjadi pakaian nasional dari Negara Brunei dan Malaysia. Karakter utama baju kurung adalah potongan yang longgar pada bagian dada, lengan, dan perut.

Ketika dikenakan, panjang bagian bawah baju mencapai lutut. Yang membedakannya dengan tunik adalah tak adanya kancing atau resleting pada baju ini.

Sehingga cara pemakaiannya seperti memakai kaos. Selain tak adanya kancing, baju kurung juga tak memiliki kerah sehingga potongan lehernya hanya membulat.

Dengan demikian, meskipun tunik, blouse, dan baju kurung memiliki beberapa kesamaan, namun ada beberapa perbedaan tertentu yang membuatnya serupa namun tak sama.

Semoga penjelasan ini dapat membantu Anda memahami perbedaan antara ketiganya.😊☺️