News  

Mau Wangi Sepanjang Hari? Hindari 6 Makanan Ini! – Jurnal Faktual

Realita.id – Bau badan, seringkali menjadi masalah yang tak diinginkan oleh banyak orang, terutama di negara tropis seperti Indonesia. Baunya dapat mengurangi rasa percaya diri, terutama saat berhadapan dengan orang lain. Namun, tahukah Anda bahwa salah satu penyebab bau badan bisa berasal dari makanan yang dikonsumsi? Berikut adalah enam jenis makanan yang dapat membuat bau badan menjadi kurang sedap.

1. Bawang-bawangan

Bawang goreng, bawang putih, atau bawang bombai, siapa yang tidak menyukainya? Meskipun makanan ini dapat membuat masakan lebih lezat, perlu diingat bahwa bawang-bawangan mengandung senyawa belerang yang dapat masuk ke dalam pori-pori, aliran darah, dan urin. Akibatnya, kita bisa mengalami bau mulut, bau kencing, dan bau badan yang tidak diinginkan.

2. Asparagus

Asparagus, sayuran kaya nutrisi dengan vitamin, mineral, dan antioksidan, ternyata memiliki sisi lain yang kurang mengenakkan. Sayuran ini mengandung senyawa sulfat yang dapat menyebabkan bau belerang pada urin. Meskipun tidak semua orang mengalami hal ini setelah mengonsumsi asparagus, tetapi sebaiknya perhatikan reaksi tubuh Anda.

3. Sayuran Silangan

Sayuran silangan, seperti brokoli, kembang kol, dan kubis Brussel, memang baik untuk pencernaan. Namun, kandungan belerangnya dapat menyebabkan bau badan yang tidak diinginkan. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya sayuran ini dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

4. Rempah-rempah Pedas

Rempah-rempah pedas seperti jinten, cabai rawit, atau lobak pedas dapat meningkatkan produksi keringat. Keringat yang berlebihan dapat menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri penyebab bau badan. Oleh karena itu, pastikan untuk mandi dan mengganti pakaian setelah berkeringat, terutama setelah mengonsumsi rempah-rempah pedas.

5. Daging Merah

Daging merah, meskipun menjadi sumber protein hewani yang baik, dapat memberikan kontribusi pada aroma tubuh yang kurang sedap. Penelitian menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi daging merah cenderung memiliki bau badan yang lebih tajam. Sulit dicerna oleh tubuh, daging merah meninggalkan residu yang dapat memicu bau badan yang tidak diinginkan.

6. Alkohol

Alkohol, meskipun menjadi teman akrab dalam beberapa kesempatan, dapat menjadi penyebab bau badan yang kurang menyenangkan. Tubuh menganggap alkohol sebagai racun, dan saat diminum, tubuh berusaha untuk mengeluarkannya melalui keringat, urin, dan napas. Oleh karena itu, aroma alkohol dapat menjadi tidak hanya tidak enak, tetapi juga tidak sopan, terutama jika bertemu dengan mereka yang tidak suka alkohol.

Itulah enam jenis makanan yang dapat memengaruhi aroma tubuh Anda. Jika Anda sering mengonsumsinya, pertimbangkan untuk mengurangi atau menghindarinya agar bau badan tetap segar dan wangi. Kebersihan tubuh dan pola makan yang sehat akan membantu menjaga rasa percaya diri dan kesehatan Anda. Semoga informasi ini bermanfaat!