News  

Lonjakan Pesanan! Bisnis Laundry Meroket di Libur Lebaran 2024! – Jurnal Faktual

Realita.idTak bisa dipungkiri, momen libur Lebaran selalu menjadi ajang untuk bersilaturahmi dan merayakan bersama keluarga.

(gambar Tempo.Co)

Namun, di balik kehangatan dan keceriaan Lebaran, terdapat cerita menarik dari dunia bisnis yang patut untuk disimak.

Salah satunya adalah kisah sukses dari bisnis laundry yang mengalami lonjakan pesanan yang luar biasa selama libur Lebaran 2024 ini.

Lasmaria, pemilik Laundry Shopi di Jalan Kemandoran I, Jakarta Selatan, berhasil meraih keuntungan besar dengan peningkatan pesanan mencapai 50-70 persen dibandingkan hari-hari biasa.

Fenomena ini terjadi sejak Kamis lalu dan mengalami puncaknya pada Senin, 8 April 2024.

Lasmaria menceritakan bahwa pelanggannya membanjiri tempatnya dengan tumpukan baju dari perumahan Permata Hijau dan permukiman sekitar Jalan Pulo Mawar.

Menariknya, Lasmaria menjelaskan bahwa peningkatan pesanan ini disebabkan oleh para asisten rumah tangga yang pulang kampung menjelang Lebaran.

Ditinggalkan oleh para pembantunya, para pemilik rumah mengandalkan jasa laundry untuk mencuci dan merapikan pakaian mereka.

Hal ini juga terjadi pada Lebaran tahun sebelumnya, namun, lonjakan pesanan pada tahun ini jauh lebih signifikan.

Tidak hanya itu, Lasmaria bahkan terpaksa mempekerjakan satu pekerja lepas tambahan untuk mengatasi banjir pesanan yang datang.

Padahal, di hari-hari biasa, dia hanya dibantu oleh empat karyawan tetap.

Kewalahan dengan jumlah pesanan yang meningkat drastis, Lasmaria juga terpaksa menangguhkan layanan setrika hingga beberapa hari setelah Lebaran.

Namun, tidak semua bisnis laundry mengalami nasib yang sama.

Ananda Cuciin Laundry di Jalan Palmerah Barat justru tidak mengalami peningkatan pesanan.

Menurut karyawan di sana, hal ini mungkin disebabkan oleh semakin banyaknya usaha laundry di sekitar mereka.

Dari cerita ini, kita bisa melihat bagaimana momen libur Lebaran tidak hanya memberikan kebahagiaan bagi masyarakat, tetapi juga membuka peluang bisnis yang menggiurkan bagi para pengusaha.

Dengan strategi yang tepat dan pelayanan yang prima, seperti yang dilakukan oleh Lasmaria, bisnis laundry bisa menjadi salah satu pilihan yang menjanjikan di tengah momen spesial seperti Lebaran.

Semoga bermanfaat!