News  

Kucing Peliharaan Selalu Minggat dari Rumah, Kenapa Ya? Ini 7 Alasan Utama Mengenai Tingkah Laku Kucing – Jurnal Faktual

Realita.idKucing, hewan peliharaan yang penuh misteri. Mereka adalah makhluk yang mandiri dan penuh teka-teki, seringkali membuat pemiliknya bertanya-tanya tentang perilaku mereka. Salah satu perilaku yang paling membingungkan adalah kecenderungan kucing untuk pergi dari rumah.

Apa yang mendorong hewan ini untuk meninggalkan kenyamanan rumah mereka? Artikel ini akan mengungkap tujuh alasan utama mengapa kucing peliharaan Anda mungkin sering pergi dari rumah. Mari kita selami lebih dalam untuk memahami misteri ini.

Tentu, berikut adalah penjelasan yang lebih detail dan lengkap tentang “7 Alasan Mengapa Kucing Peliharaan Sering Pergi dari Rumah”:

1. Mencari Jodoh

Kucing peliharaan jantan biasanya sering pergi dari rumah untuk mencari pasangan, terutama ketika mereka belum dikebiri¹. Mereka akan sering rewel dan menjadi cukup gesit untuk bisa keluar dari rumah dan mencari kucing betina¹. Saat memasuki masa kawin atau heat cycle atau siklus estrus, kucing akan birahi berat dan bergegas mencari pasangannya untuk kawin.

2. Perubahan Suasana di Rumah

Perubahan di rumah dapat menyebabkan kucing peliharaan stres dan meninggalkan rumah. Seperti pindah rumah, pekerjaan bangunan, dan kehadiran bayi baru atau keluarga lain untuk tinggal. Bahkan perubahan kecil seperti memindahkan perabotan atau aroma baru di lingkungan sudah cukup untuk membuat kucing Anda stres dan berisiko membuatnya pergi

3. Tetangga Sering Memberi Makan Kucing Anda

Kucing Anda mungkin mendapatkan makanan tambahan dari tetangga dan ini bisa menjadi alasan mengapa mereka sering pergi.

4. Memperluas Wilayah

Kucing memiliki naluri untuk memperluas wilayah mereka. Mereka mungkin pergi dari rumah untuk mengeksplorasi dan menandai wilayah baru. Kucing cenderung akan menandai area kekuasaannya. Penandaan kekuasaan dilakukan dengan beberapa cara: Menggosokkan tubuh dan wajahnya di tempat atau area tertentu. Mencakar. Pup. Kencing.

5. Ada Sesuatu yang Menakutkan di Rumah

Jika ada sesuatu di rumah yang menakutkan kucing Anda, seperti hewan lain atau suara keras, mereka mungkin memilih untuk pergi. Namun, Setelah kucing merasa aman dan tidak terusik lagi dengan keadaan rumah si pemilik setelah pergi berkeliaran cukup lama, maka ia akan kembali lagi.

6. Kucing Punya Dua Majikan

Kucing Anda mungkin memiliki ‘rumah kedua’ di mana mereka mendapatkan perhatian dan makanan tambahan.

7. Kucing yang Belum Disterilkan

Kucing yang belum disterilkan memiliki dorongan alami untuk berkeliaran dan mencari pasangan.

Dengan memahami alasan-alasan ini, pemilik kucing dapat mencoba untuk membuat lingkungan yang lebih nyaman dan aman bagi kucing mereka, sehingga mereka tidak merasa perlu untuk pergi.