Tak Berkategori  

Kisi kisi Tes Bahasa Inggris (TOEFL) Rekrutmen BUMN 2023

Pengumuman hasil tes online Rekrutmen Bersama BUMN 2023 tahap 1 diumumkan Senin, 3 Juli 2023. Bagi peserta yang lolos, tentunya harus mempersiapkan diri untuk menghadapi tes online tahap 2. Simak, kisi-kisi tes Bahasa Inggris BUMN 2023 tahap 2.

Proses Rekrutmen Bersama BUMN 2023 telah memasuki tahap pengumuman TKD (Tes Kemampuan Dasar) tahap 1. Tes online tahap 1 BUMN 2023 ini telah dilaksanakan sejak tanggal 12 Juni sampai 21 Juni 2023. Setelah itu, peserta yang lolos di tes online tahap 1 akan lanjut mengikuti tes online tahap 2.

Tes online tahap 2 BUMN 2023 dijadwalka pada tanggal 20 Juli sampai 22 Juli 2023. Tentunya, peserta yang lolos diimbau untuk mempersiapkan diri menghadapi tes Bahasa Inggris TOEFL tahap 2 BUMN 203 secara online.

Tes Bahasa Inggris ini tak kalah penting sebab menjadi syarat utama untuk peserta dapat bergabung di BUMN. Para peserta diwajibkan untuk menghidupkan kamera perangkat ketika tes berlangsung. Hal ini demi meminimalisir kecurangan.

Tes Bahasa Inggris TOEFL ini tak bisa dianggap remeh, peserta harus mempersiapkan diri dengan berlatih soal-soal. Jika bingung harus memulai dari mana untuk belajar tes Bahasa Inggris TOEFL BUMN 2023, Realita.id akan memberikan bocorannya.

Ada kisi-kisi tes Bahasa Inggris BUMN 2023 yang bisa membantu para peserta untuk belajar menghadapi tes online tahap 2. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

Kisi-kisi Bahasa Inggris TOEFL Rekrutmen Bersama BUMN 2023

Kisi-kisi ini diberikan untuk para peserta mempersiapkan diri menghadapi tes Bahasa Inggris BUMN 2023. Terdapat beberapa kisi-kisi Bahasa Inggris BUMN 2023 tahap 2 yang bisa digunakan untuk belajar. Adapun kisi-kisinya yakni sebagai berikut:

Listening Comprehension

Sesi pertama dalam tes Bahasa Inggris BUMN 2023 adalah Listening Comprehension. Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta terkait memahami bahasa Inggris secara lisan. Bahasa Inggris ini kerap digunakan di universitas dan perguruan tinggi di Amerika.

Jumlah soal dalam sesi Listening Comprehension yakni 50 soal. Dan waktu pengerjaannya sekitar 30 menit hingga 40 menit. Terdapat 3 bagian yakni percakapan panjang, percakapan pendek, dan monolog panjang.

Structure and Written Expression

Sesi kedua dalam tes TOEFL ITP adalah Structure and Written Expression. Tujuan tes ini adalah untuk mengukur kecakapan peserta dalam mengenali aturan-aturan struktur dan grammar, yang sesuai dengan standar penulisan dalam bahasa Inggris. Jumlah soal dalam sesi ini adalah 40 sola dengan waktu pengerjaan selama 25 menit. Soal ini terbagi menjadi 2 bagian yakni soal untuk memilih jawaban yang salah dan soal dengan jawaban pilihan ganda.

Reading Comprehension

Sesi yang ketiga adalah Reading Comprehension. Sesi ini memiliki tujuan untuk mengukur kemampuan individu untuk memahami dan membaca bahan bacaan akademis. Jumlah soal Reading Comprehension adalah 50 soal dengan waktu pengerjaannya yakni 55 menit.

Jika ditotal, soal tes Bahasa Inggris BUMN 2023 adalah 100 soal dengan waktu pengerjaan selama 90 menit. Perlu diingat bahwa passing grade (PG) atau nilai minimal di dalam tes Bahasa Inggris adalah 450 (TOEFL).

Tips Hadapi Tes Bahasa Inggris BUMN 2023

Tak berbeda dari tes sebelumnya, peserta harus mempersiapkan diri dengan baik. Tes ini adalah tahapan penting yang menjadi penentu kelulusan dalam Rekrutmen BUMN 2023 ke tahap selanjutnya. Oleh karena itu, pastikan untuk mempunyai kemampuan bahasa Inggris yang memadai dan cukup, ya.

Realita.id akan memberikan beberapa tips menghadapi tes bahasa Inggris BUMN 2023, berikut di antaranya:

  • Persiapkan dirimu dari jauh-jauh hari sebelum tes dilakukan, hal ini untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu.
  • Bagaimana caranya? Caranya yakni dengan memanfaatkan beragam sumber belajar bahasa Inggris, seperti kursus, buku, ataupun website edukatif yang menyediakan materi dan soal bahasa Inggris.
  • Selain itu, juga dapat berlatih dengan berbicara bahasa Inggris dalam sehari-hari. Atau bisa menonton film berbahasa Inggris.
  • Pastikan untuk mengikuti tes sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Dan tak lupa untuk mematuhi aturan-aturan yang berlama selama tes bahasa Inggris berlangsung.

Dengan mempersiapkan diri dengan baik sesuai tips di atas, tentunya kamu akan menghadapi tes bahasa Inggris BUMN 203 dengan percaya diri.

Jadwal Tes Online Rekrutmen Bersama BUMN 2023

Tes online dalam Rekrutmen Bersama BUMN 2023 terdapat dua tahap, masing-masing tes memiliki jadwal sebagai berikut:

1. Jadwal Tes Online Tahap 1 RBB 2023

Tes online tahap 1 rekrutmen BUMN 2023 berlangsung pada tanggal 12 Juni hingga 20 Juni 2023, dengan rincian sebagai berikut:

  • Untuk lulusan S2, S1, D3, D4 akan menghadapi tes online yakni TKD atau Tes Kemampuan Dasar dan Tes AKHLAK.
  • Untuk lulusan SMA/Sederajat akan menghadapi tes online TKD saja.
  • Dan jadwal pengumuman tes online tahap 1 yakni di bulan Juli 2023.

2. Jadwal Tes Online Tahap 2 RBB 2023

Tes online tahap 2 rekrutmen BUMN 2023 berlangsung pada tanggal 16 Juli hingga 20 Juli 2023, dengan rincian sebagai berikut:

  • Untuk lulusan S2, S1, D3, D4 akan menghadapi tes online yakni tes Bahasa Inggris.
  • Untuk lulusan SMA/Sederajat akan menghadapi tes online yakni tes AKHLAK
  • Dan jadwal pengumuman tes online tahap 2 yakni di bulan Agustus 2023.

Untuk para peserta yang dinyatakan lulus pada tahap ujian online, maka bisa berlanjut kepada tahapan seleksi di BUMN. Di mana telah dijadwalkan pada tanggal 5 Agustus hingga 26 Agustus 2023. Jenis tes yang akan dilakukan pada tahapan ini di antaranya adalah:

  • TKB atau Tes Kompetensi Bidang
  • User Interview
  • Social Media Analytic
  • Digital Mindset
  • MCU atau Medical Check-Up

Jika seluruh rangkaian tes selesai, maka pengumuman akhir untuk calon pegawai BUMN dijadwalkan di bulan Agustus 2023. Untuk jadwal Inagurasi akan diinformasikan lebih lanjut.

Perlu diingat, jika jadwal bisa berubah berdasakan dengan keputusan panitia dalam hal ini adalah FHCI BUMN.