News  

Kesetiaan Syarifah Fadlun Mendampingi Habib Rizieq Hadapi Kasus Hukum sebelum Tutup Usia – Jurnal Faktual

Realita.id – Syarifah Fadlun Yahya atau Umi Syarifah adalah istri dari Habib Rizieq Shihab, mantan ketua Front Pembela Islam (FPI). Wanita berhijab itu dikenal sebagai sosok setia. Hal itu dibuktikan dengan mendampingi suami saat menghadapi masalah hukum. 

Istri Habib Rizieq meninggal dunia pada Sabtu (16/12/2023) di rumah sakit Jakarta Pusat. Kabar duka ini disampaikan oleh keluarga besar Habib Rizieq melalui akun Instagram resmi mereka.

Syarifah Fadlun menikah dengan Habib Rizieq pada tahun 1987 dan dikaruniai tujuh putri. Mereka adalah Syarifah Najwa Shihab, Rufaidah Shihab, Zulfa Shihab, Humaira Shihab, Zahra Shihab, Mumtaz Shihab, dan Fairuz Shihab. 

Syarifah Fadlun dikenal sebagai sosok yang setia dan berani dalam mendampingi suaminya dalam menghadapi berbagai kasus hukum. Ia juga aktif dalam kegiatan sosial dan keagamaan bersama keluarga besar Habib Rizieq. 

Syarifah sering mengikuti suaminya dalam berbagai acara politik dan hukum yang berkaitan dengan FPI.

Salah satu acara yang paling penting bagi Syarifah Fadlun adalah saat suaminya divonis empat tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Timur pada bulan Juni 2021.

Dalam sidang pembacaan duplik di Pengadilan Negeri Jakarta Timur pada Kamis (17/6/2021), Syarifah Fadlun bersama menantunya Muhammad Hanif Alattas dan Direktur Utama RS UMMI Andi Tatat menghadiri sebagai saksi.

Syarifah Fadlun juga menjadi penjamin pembebasan bersyarat suaminya setelah ia menjalani lebih dari dua tiga puluh persen masa pidana.

Hal tersebut disampaikan oleh Habib Rizieq sendiri dalam konferensi pers virtual yang tayang di kanal Youtube Islami Brotherhood Television pada Rabu (20/7/2022). Ia mengucapkan terima kasih kepada istri tercinta dan putri-putrinya karena telah memberikan semangat dan doa kepada dirinya selama menjalani proses hukum.