News  

Kemenangan Vital Francesco Bagnaia di MotoGP Catalunya 2024 – Jurnal Faktual

Realita.id – Pembalap Ducati Lenovo, Francesco ‘Pecco’ Bagnaia, meraih kemenangan penting di MotoGP Catalunya 2024 yang digelar di Sirkuit de Catalunya, Minggu (26/5/2024). Bagnaia menempuh balapan 24 lap ini dengan strategi cermat, meski menghadapi tantangan berat dari para pesaing.

Bagnaia merayakan kemenangan di podium, menyusul hasil buruk pada sesi Sprint sehari sebelumnya.

“Kemenangan hari ini sangat penting, baik untuk hasil kemarin maupun hasil tahun lalu di trek ini,” ujar Pecco, seperti yang dikutip dalam suara-.

Tahun lalu, Bagnaia mengalami kecelakaan mengerikan di sirkuit yang sama, yang membuatnya terjatuh di tikungan kedua dan memicu pengibaran bendera merah.

Jalannya Balapan

Start balapan berjalan mulus bagi Bagnaia yang langsung memimpin di tikungan pertama. Namun, ia harus menjaga jarak dari Jorge Martin dan Pedro Acosta yang mengejarnya dengan ketat. Di lap ketiga, Acosta hampir menyalip Bagnaia di tikungan ke-10, namun usaha tersebut gagal dan hampir menyebabkan senggolan antara keduanya .

Pada lap kesepuluh, Martin dan Acosta memimpin dengan catatan waktu identik, meninggalkan Bagnaia di posisi ketiga. Namun, pada lap ke-11, Acosta terjatuh di tikungan ke-10, memberikan kesempatan bagi Bagnaia untuk mendekati Martin yang kini memimpin balapan .

Perebutan Posisi Terdepan

Lap ke-19 menjadi momen krusial ketika Bagnaia berhasil menyalip Martin di tikungan kelima. “Saya mencoba mengatur kecepatan di awal dan saya pikir itu yang tepat.

Segera setelah Martín dan Acosta berhasil melewati saya, saya mencoba untuk tetap bersama mereka,” kata Pecco . Setelah menyalip, Bagnaia tidak terkejar lagi hingga garis finis, mencatatkan jarak 1,740 detik dari Martin .

Kemenangan ini membawa Bagnaia kembali ke posisi kedua klasemen sementara dengan 116 poin, hanya terpaut 39 poin dari pemuncak klasemen, Jorge Martin, dan unggul dua poin dari Marc Marquez yang finis di posisi ketiga pada balapan ini .

Harapan di Mugello

Dengan seri ketujuh MotoGP yang akan digelar di Sirkuit Mugello, Italia, akhir pekan ini, Pecco berharap bisa melanjutkan tren positifnya. “Sekarang Mugello telah menanti, dan saya berharap para penggemar akan hadir di sirkuit sebanyak yang mereka lakukan di sini,” tutupnya .

Hasil Balap MotoGP Catalunya 2024

1 Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP24)
2 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP24)
3 Marc Marquez SPA Gresini Ducati (GP23)
4 Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory (RS-GP24)
5 Fabio Di Giannantonio ITA VR46 Ducati (GP23)
6 Raul Fernandez SPA Trackhouse Aprilia (RS-GP23)
7 Alex Marquez SPA Gresini Ducati (GP23)
8 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
9 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
10 Miguel Oliveira POR Trackhouse Aprilia (RS-GP24)
11 Marco Bezzecchi ITA VR46 Ducati (GP23)
12 Maverick Viñales SPA Aprilia Factory (RS-GP24)
13 Pedro Acosta SPA Red Bull GASGAS Tech3 (RC16)
14 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
15 Joan Mir SPA Repsol Honda (RC213V)
16 Johann Zarco FRA LCR Honda (RC213V)
17 Luca Marini ITA Repsol Honda (RC213V)
18 Enea Bastianini ITA Ducati Lenovo (GP24)
19 Stefan Bradl GER HRC Test Team (RC213V)
20 Alex Rins SPA Monster Yamaha (YZR-M1)
Franco Morbidelli ITA Pramac Ducati (GP24)
Augusto Fernandez SPA Red Bull GASGAS Tech3 (RC16)
Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16)

MotoGP Catalunya 2024 menjadi saksi kebangkitan Pecco Bagnaia yang berhasil memanfaatkan setiap peluang di lintasan, menunjukkan ketangguhan dan keuletannya sebagai salah satu pembalap terbaik saat ini. Dengan momentum yang ia bawa ke Mugello, musim ini semakin menarik untuk diikuti.