News  

Kamera 200 MP Bikin Terpana! Simak Perbandingan Super Lengkap! – Jurnal Faktual

Realita.id – Samsung kembali mengukir prestasi di dunia smartphone dengan peluncuran seri terbaru mereka, Galaxy S24 Ultra. Ponsel flagship ini menonjolkan kamera utama 200 MP, menghadirkan pengalaman fotografi yang belum pernah terbayangkan sebelumnya.

Bagaimana kinerja kamera ponsel ini dibandingkan dengan pendahulunya, Galaxy S23 Ultra? Mari kita telaah perbedaan dan peningkatan yang ditawarkan.

Sensor Kamera 200 MP dan Format Ultra HDR

Galaxy S24 Ultra menjadi ponsel pertama di dunia yang mengusung sensor kamera 200 MP, hasil kolaborasi antara Samsung dan Xiaomi. Sensor berukuran 1/1.28 inci ini melebihi sensor 108 MP yang digunakan pada Galaxy S23 Ultra.

Kelebihan ukuran sensor ini terlihat pada kemampuannya menangkap lebih banyak cahaya dan detail, terutama dalam kondisi cahaya rendah atau backlight.

Tak hanya itu, sensor kamera 200 MP ini juga memperkenalkan fitur baru, yakni format Ultra HDR. Fitur ini memungkinkan ponsel mengambil beberapa foto dengan eksposur berbeda secara bersamaan, menghasilkan gambar dengan dynamic range lebih luas.

Hasilnya, warna yang lebih cerah, kontras yang natural, dan detail yang tajam dapat dinikmati baik di area terang maupun gelap.

Kualitas Video yang Mengagumkan

Format Ultra HDR tidak hanya berlaku untuk foto, namun juga diterapkan pada rekaman video dengan resolusi 8K dan frame rate 30 fps. Video yang dihasilkan memiliki kualitas setara dengan layar HDR, memberikan pengalaman menonton yang memukau. Selain itu, ponsel ini mendukung rekaman video slow motion hingga 960 fps dan mode time lapse dengan fitur Hyperlapse.

Lima Kamera Unggulan

Galaxy S24 Ultra tidak hanya bergantung pada kamera utama 200 MP. Empat kamera lainnya juga menyajikan kecanggihan tersendiri. Kamera ultra wide 12 MP mampu menangkap bidang pandang hingga 120 derajat dengan distorsi minimal.

Kamera telefoto 10 MP mendukung zoom optis hingga 3x dengan optical image stabilization (OIS), mengurangi getaran yang mungkin terjadi. Sementara kamera telefoto 50 MP memperluas kemampuan zoom optis hingga 5x dengan resolusi tinggi. Kamera depan 40 MP menyempurnakan ponsel ini untuk selfie dengan efek bokeh yang halus.

Peningkatan dari Galaxy S23 Ultra

Menurut uji kinerja dari DxOMark, Galaxy S24 Ultra memiliki beberapa keunggulan dibanding pendahulunya, Galaxy S23 Ultra. Autofokus pada video lebih akurat, cepat, dan halus tanpa adanya hunting atau goyangan yang mengganggu.

Kamera telefoto terbukti salah satu yang terbaik di kelasnya dengan kemampuan menghasilkan gambar yang detail dan jernih, bahkan pada kondisi zoom tinggi. Kamera ultra wide menunjukkan peningkatan detail dengan tingkat noise yang lebih rendah dan distorsi yang lebih minim.

Kelebihan dan Kekurangan

Namun, Galaxy S24 Ultra juga tidak luput dari beberapa kelemahan. Warna kulit cenderung lebih kuning atau hangat, terutama dalam kondisi pencahayaan rendah seperti dalam ruangan atau low light.

Dynamic range terkadang kurang optimal, terutama di area gelap yang dapat terlihat buram atau berisik. Efek bokeh pada kamera kurang alami dengan transisi antara area fokus dan blur yang terlalu tajam.

Harga dan Ketersediaan

Untuk memiliki Galaxy S24 Ultra, Anda perlu mengeluarkan uang mulai dari Rp 21.999.000 untuk varian RAM 12 GB dan ROM 256 GB. Ponsel ini juga tersedia dalam varian RAM 12 GB dan ROM 512 GB, serta RAM 16 GB dan ROM 1 TB, dengan penyesuaian harga yang berbeda. Tersedia dalam empat pilihan warna: Phantom Black, Phantom Silver, Phantom Navy, dan Phantom Brown.

Bagi yang berminat, ponsel ini dapat dibeli melalui toko resmi Samsung atau melalui platform online seperti Lazada, Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak. Program trade-in juga dapat dimanfaatkan, memungkinkan Anda menukar ponsel lama dengan Galaxy S24 Ultra dengan potongan harga menarik.

Galaxy S24 Ultra dengan kamera 200 MP-nya memang menawarkan pengalaman fotografi dan videografi yang luar biasa. Meski memiliki beberapa kelemahan, ponsel ini tetap menjadi salah satu yang terbaik di pasaran saat ini.

Pertanyaannya kini ada di tangan Anda, apakah Anda lebih tertarik pada Galaxy S24 Ultra yang inovatif ini, atau memilih Galaxy S23 Ultra yang juga menawarkan kualitas kamera yang bagus dengan harga yang lebih terjangkau?