News  

Integrasi Layanan Primer Mulai Disosialisasikan di Bangkalan – Realita.id

Realita.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur menggelar sosialisasi Diseminasi Integrasi Layanan Primer (ILP).

Sosialisasi yang berlangsung di Aula Caffe Hall The Sky Resto @Bakery itu dihadiri seluruh  Kepala Puskesmas, tokoh masyarakat dan NGO di Kabupaten Bangkalan.

Plt Kadinkes Bangkalan Nunuk kristiani melalui Kasi Pelayanan Primer, Sih Rerno Widiati mengatakan, penerapan ILP di Bangkalan direncanakan berlangsung tahun depan.

“Di Indonesia saat ini uji coba penerapan ILP ada enam daerah, diantaranya Puskesmas Jombangan Surabaya,” terang dia. Kamis, 2 Oktober 2023.

Munculnya ILP kata Sih Retno harapan Kementerian Kesehatan (Kemnkes) untuk mewujudkan masyarakat sehat melalui kolaborasi  UKP dan KM.

“Selama ini puskemas, kan jalan sendiri, UKP ada pasien sakit dirawat, UKM jalan sendiri, sekarang sistem baru berbeda dengan pola lama, artinya kolaborasi,” ujar dia.

Ketika ILP diterapkan, ujar Sih Retno, semua masyarakat yang datang ke Puskesmas untuk berobat wajib di screning. Dengan tujuan, untuk mengetahui kesehatan masyarakat.

“Dari situ dapat gambaran bagaimana status kesehatan masyarakat, minimal tingkat dusun, desa dan kecamatan, jadi kita punya data base ,” ucap dia.

Ketika ILP ini benar diterapkan di Bangkalan, Ia berharap screning serius dijalankan, dan hukumnya wajib. Tujuannya untuk menciptakan generasi masa depan yang sehat.

“Karena kita tahu seluruh rumah sakit penuh dengan pasien penyakit tidak menular seperti paru, jantung dan lain-lain, jangan sampai itu diturunkan ke generasi kita,” tutup dia.