News  

Inilah Versi Android Paling Populer 2023! – Realita.id

Realita.id – Android, sistem operasi yang dikembangkan oleh Google, telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari bagi banyak orang di seluruh dunia.

Dengan berbagai versi yang telah dirilis sejak awal peluncurannya, Android terus berkembang dan menyesuaikan diri dengan kebutuhan pengguna.

Versi Android yang paling banyak digunakan saat ini adalah Android 13 Tiramisu, yang mencakup sekitar 22,4% dari semua perangkat Android. Versi ini menawarkan berbagai fitur baru dan peningkatan yang membuatnya menjadi pilihan utama bagi banyak pengguna.

Namun, tidak kalah pentingnya adalah Android 11 Red Velvet Cake, yang masih digunakan oleh sekitar 21,6% pengguna. Meskipun bukan versi terbaru, Red Velvet Cake tetap populer karena stabilitas dan kompatibilitasnya dengan berbagai aplikasi dan perangkat.

Android 10 Q dan Android 12 Snow Cone juga masih banyak digunakan, masing-masing oleh 16,1% dan 15,8% pengguna. Kedua versi ini menawarkan keseimbangan antara fitur terbaru dan keandalan, menjadikannya pilihan yang baik bagi mereka yang ingin tetap up-to-date tanpa harus mengorbankan stabilitas.

Sementara itu, versi Android yang lebih lama seperti Android 9 Pie dan Android 8 Oreo masih digunakan oleh sejumlah pengguna, masing-masing sekitar 10,5% dan 7,3%. Meskipun mungkin tidak memiliki semua fitur terbaru yang ditawarkan oleh versi lebih baru, kedua versi ini masih dapat memberikan pengalaman penggunaan yang solid dan dapat diandalkan.

Versi Android yang lebih tua seperti Android 7 Nougat, Android 6 Marshmallow, dan Android 5 Lollipop juga masih ada di pasaran, meskipun penggunaannya sudah mulai berkurang. Masing-masing versi ini digunakan oleh sekitar 2,6%, 1,9%, dan 1,4% pengguna.

Perlu dicatat bahwa data ini belum mencakup OS Android 14. Versi ini masih terbilang baru dan belum begitu banyak diadopsi di perangkat Android. Selain itu, data ini diperbarui per 1 Oktober 2023, sedangkan Android 14 versi final baru rilis pada tanggal 4 Oktober bersamaan dengan peluncuran ponsel baru Google, Pixel 8 series.

Dengan berbagai versi yang tersedia, jelas bahwa Android terus beradaptasi dan berkembang untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Dengan setiap versi baru yang dirilis, kita dapat mengharapkan peningkatan dan inovasi lebih lanjut dari sistem operasi ini.