News  

IBU Bijak Wajib Baca Ini, Merek Produk Susu Formula Anak yang Pro Israel dengan Merek Susu Formula Anak Lainnya – Jurnal Faktual

Realita.id – Konflik antara Israel dan Palestina yang terus berlangsung telah menimbulkan reaksi dari berbagai pihak, termasuk masyarakat Indonesia.

Salah satu bentuk reaksi tersebut adalah gerakan boikot produk-produk yang diduga mendukung Israel, salah satunya adalah susu formula anak.

Namun, bagaimana cara membandingkan merek susu formula anak pro Israel dengan merek lainnya yang lebih aman dan berkualitas?

Menurut Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 83 Tahun 2023 tentang dukungan terhadap perjuangan Palestina, umat Islam dihimbau untuk semaksimal mungkin menghindari transaksi dan penggunaan produk yang terafiliasi dengan Israel serta yang mendukung penjajahan dan zionisme.

Beberapa produk susu formula anak yang diduga pro Israel antara lain adalah Materna, Similac, Tnuva, Strauss, dan Tara.

Untuk menghindari produk susu formula anak pro Israel, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Membaca label kemasan dengan teliti. Perhatikan asal negara, nama produsen, dan logo halal pada produk susu formula anak. Hindari produk yang berasal dari Israel atau memiliki keterkaitan dengan perusahaan Israel. Pilih produk yang memiliki sertifikat halal dari MUI atau lembaga halal lain yang diakui.
  • Mencari informasi dari sumber yang terpercaya. Selain membaca label kemasan, bisa juga mencari informasi dari internet, media sosial, atau komunitas yang peduli dengan isu Palestina. Beberapa akun yang bisa dijadikan referensi antara lain adalah @indonesiaku296 dan @ibunyaamzar di TikTok.
  • Membandingkan kandungan gizi dan manfaat dari produk susu formula anak. Selain menghindari produk pro Israel, tentu juga harus memperhatikan kualitas dan kesehatan dari produk susu formula anak. Pilih produk yang sesuai dengan usia, kebutuhan, dan kondisi anak. Perhatikan kandungan gizi seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral, dan zat tambahan lainnya. Pilih produk yang mudah dicerna, tidak menyebabkan alergi, dan tidak mengandung gula tambahan. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum memberikan susu formula anak.

Beberapa merek susu formula anak yang bisa dijadikan alternatif pengganti produk pro Israel antara lain adalah:

  • Bebelove 1. Susu formula ini cocok untuk bayi usia 0-6 bulan. Susu ini mengandung prebiotik FOS dan GOS yang bisa membantu perkembangan bakteri baik di usus. Susu ini juga bebas dari gula tambahan.
  • Enfamil A+. Susu formula ini cocok untuk bayi usia 0-12 bulan. Susu ini mengandung omega 3 dan omega 6 yang bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak bayi. Susu ini juga mengandung prebiotik GOS untuk kesehatan pencernaan bayi.
  • Vidoran Xmart. Susu formula ini cocok untuk anak usia 1 tahun ke atas. Susu ini mengandung cold liver oil yang berguna untuk membantu perkembangan jaringan retina mata dan meningkatkan nafsu makan. Susu ini juga tinggi kalsium dan fosfor untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

Demikianlah cara membandingkan merek susu formula anak pro Israel dengan merek lainnya. Semoga bermanfaat dan dapat membantu masyarakat Indonesia untuk lebih peduli dengan isu Palestina.