News  

Dunki, Kisah Perjalanan Empat Sahabat dari Punjab ke Inggris dengan Cara Tak Biasa – Jurnal Faktual

Realita.idShah Rukh Khan kembali hadir di layar lebar dengan film terbarunya, Dunki, yang disutradarai oleh Rajkumar Hirani. Film ini menceritakan tentang empat sahabat dari sebuah desa di Punjab yang memiliki mimpi bersama: pergi ke Inggris.

Namun, mereka tidak memiliki visa atau tiket. Mereka kemudian bertemu dengan seorang tentara yang berjanji akan membawa mereka ke negeri impian mereka dengan cara yang tak biasa: Donkey Flight, sebuah strategi masuk secara ilegal ke negara-negara seperti Inggris, Kanada, dan Amerika Serikat.

Film ini menggabungkan unsur komedi dan drama dengan sentuhan emosi dan impian. Para pemainnya antara lain Shah Rukh Khan sebagai Hardayal “Hardy” Singh Dhillon, Taapsee Pannu sebagai Manu Randhawa, Vicky Kaushal sebagai Sukhi, Boman Irani sebagai Geetu Gulati, Vikram Kochhar sebagai Balindar “Buggu” Lakhanpal, dan Anil Grover sebagai Balli Kakkad.

Film ini diangkat dari kisah nyata yang terjadi pada tahun 1995, ketika sekelompok orang India mencoba pergi ke Inggris dengan menggunakan Donkey Flight, sebuah rute berbahaya yang melibatkan perjalanan melalui gurun, laut, dan pegunungan.

Banyak dari mereka yang gagal, bahkan ada yang meninggal dalam perjalanan. Film ini menampilkan sisi gelap dari Donkey Flight dan bagaimana para imigran ilegal menghadapi berbagai tantangan dan risiko.

Selain itu, film ini juga menampilkan kisah cinta antara Hardy dan Manu, yang bertemu saat Hardy datang ke Punjab untuk mencari orang yang menyelamatkan nyawanya.

Hardy, yang merupakan seorang tentara, kemudian membantu empat sahabat itu untuk pergi ke luar negeri, baik secara legal maupun ilegal.

Dalam perjalanan mereka, mereka juga menjalin persahabatan yang erat dan merasakan kerinduan akan tanah air.

Film ini mendapat berbagai tanggapan dari para kritikus dan penonton. Beberapa memuji penampilan para pemain, terutama Shah Rukh Khan, yang tampil dalam dua peran, yaitu sebagai Hardy muda dan tua.

Beberapa juga mengapresiasi pesan yang disampaikan oleh film ini, yaitu tentang pentingnya menghargai impian, persahabatan, dan cinta.

Namun, ada juga yang mengkritik alur cerita film ini, yang dianggap kurang mendalam dan tidak sesuai dengan standar Rajkumar Hirani, yang dikenal sebagai sutradara yang mampu menghadirkan kisah yang menarik dan menghibur.

Film ini dirilis pada tanggal 21 Desember 2023 di seluruh India dan beberapa negara lain. Film ini diprediksi akan mengumpulkan pendapatan sekitar 30 crore rupee pada hari pertama penayangannya.

Film ini juga mendapat rating 7.9 dari 10 di situs IMDb, berdasarkan 52 ribu ulasan dari pengguna.

Dunki adalah film yang layak ditonton bagi para penggemar Shah Rukh Khan dan Rajkumar Hirani, atau bagi siapa saja yang ingin menyaksikan kisah perjalanan empat sahabat dari Punjab ke Inggris dengan cara tak biasa.

Film ini akan membuat Anda tertawa, terharu, dan berpikir tentang makna hidup dan impian.